Wow! 331 Warga Bartim Rebutkan 87 Kursi Kades

id Pilkades, pilkades bartim, 331 Warga Bartim Rebutkan 87 Kursi Kades

Wow! 331 Warga Bartim Rebutkan 87 Kursi Kades

Ilustrasi - (Istimewa)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Sebanyak 331 warga Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah yang menjadi Calon Kepala Desa memperebutkan 87 kursi Kepala Desa se Kabupaten Bartim pada 26 Juli mendatang.

Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Muslim Raharjo, melalui Kabid Politik dan Kemasyarakatan, Ahamat Tundun, Rabu, mengatakan 331 orang Cakades itu akan memperebutkan suara sebanyak 52.505 pemilih sesuai daftar pemilih yang telah melalui tahapan verifikasi bagian Administrasi dan Pemerintahan Umum (Adpum) Setda Bartim. 

"Warga sebagai pemilih tersebut telah terdaftar dan memiliki hak suara. Pemilih tidak mesti mengantongi KTP. Ada beberapa hal yang dipertimbangkan seperti pemilih pemula yang telah genap usianya dan mendapatkan rekomendasi SK dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil," kata Ahamat Tundun.

Hal ini disebabkan proses cetak KTP Elektronik yang mengalami kendala, sehingga pemilih tidak harus memakai KTP El. 

Selain itu, seseorang yang belum cukup umur namun telah menikah, mereka juga memiliki hak untuk memilih. 

"Dalam tahapan verifikasi telah dilaksanakan sesuai prosedural, sehingga bisa dipastikan Pilkades berjalan tanpa ada penyimpangan," lanjutnya. 

Ahamat juga menerangkan, jumlah Cakades berjumlah melebihi yang ditetapkan saat ini. Karena mereka tidak lolos dalam pemberkasan, syarat dan ketentuan lain. 

"Seperti di Desa Pulai Patai, Mantan Kades disana kembali mencalonkan diri namun tidak lolos karena pernah tersandung masalah hukum atau pidana," terangnya.