Puluhan Pemuda Kotawaringin Timur Galang Bantuan Banjir

id pemuda kotim, kotawaringin timur, Bantuan Banjir, Pemuda Kotawaringin Timur Galang Bantuan Banjir, banjir

Puluhan Pemuda Kotawaringin Timur Galang Bantuan Banjir

Puluhan pemuda dari berbagai organisasi di Kotim turun ke jalan menggalang dana untuk membantu korban banjir yang melanda sejumlah daerah di Kalteng, Rabu (19/7/17). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Puluhan pemuda di Kabupaten Kotawaringin Timur, turun ke jalanan di kota Sampit, mengumpulkan sumbangan dari masyarakat untuk membantu korban banjir di empat kabupaten di Kalimantan Tengah.

"Ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat Kotawaringin Timur untuk membantu saudara kita yang sedang ditimpa bencana banjir. Kami para pemuda melalui aksi peduli ini hanya memfasilitasi dan menyalurkan bantuan dari masyarakat," Kata Koordinator Pengumpulan Dana, Muhammad Syblunnur di Sampit, Rabu.

Relawan aksi sosial ini berasal dari Karang Taruna desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten, PMII, HMI, IMM, Tagana, Mapala Unda dan PWI Kotawaringin Timur. Mereka menyebar ke enam titik perempatan jalan besar di Sampit untuk mengumpulkan sumbangan dari pengguna jalan.

Beberapa kelompok juga ada yang mendatangi kantor-kantor pemerintah untuk menghimpun sumbangan dana dari aparatur sipil negara. Kegiatan ini direspons positif masyarakat yang dengan sukarela memberikan sumbangan.

Penggalangan dana ini dilaporkan dan sepengetahuan Dinas Sosial sehingga masyarakat percaya. Apalagi pelaksana kegiatan merupakan organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang dapat dipercaya.

Selain dalam bentuk uang, relawan juga membuka posko di sekretariat Karang Taruna Kotawaringin Timur di Jalan Cut Nyak Dien untuk menerima bantuan berupa makanan dan pakaian layak pakai.

Bantuan yang terkumpul akan disalurkan untuk korban banjir di empat kabupaten yakni Gunung Mas, Katingan, Murung Raya dan Kapuas. Bantuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi warga yang sedang diuji oleh bencana banjir.

"Kami juga berkoordinasi dengan Karang Taruna Provinsi Kalteng. Nanti ada tim yang langsung ke lokasi banjir untuk menyalurkan bantuan tersebut bersama Dinas Sosial," kata Syblunnur.

Dia memastikan bantuan masyarakat akan sampai kepada warga yang menjadi korban banjir. Aksi ini murni kegiatan sosial yang muncul dari kepedulian pemuda di Kotawaringin Timur.