Kapolda Kalteng Salurkan 200 Paket Bantuan Korban Banjir di Katingan

id polda kalteng, korban banjir, katingan banjir, Bupati Katingan Syakariyas, Kapolda Kalteng Salurkan Bantuan Korban Banjir di Katingan

Kapolda Kalteng Salurkan 200 Paket Bantuan Korban Banjir di Katingan

Kapolda Kalteng Brigjend Pol Anang Revandoko (dua kanan depan) saat foto bersama usai menyalurkan bantuan bahan makanan dari rumah ke rumah masyarakat di Kabupaten Katingan yang menjadi korban banjir, Rabu (19/7/17). (Foto Humas Polda Kalteng)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kapolda Kalimantan Tengah Brigjen Pol Anang Revandoko meninjau langsung sejumlah lokasi banjir di Kabupaten Katingan, sembari menyalurkan bantuan makanan sebanyak 200 paket kepada masyarakat yang menjadi korban.

Kunjungan orang nomor satu di Polda Kalteng itu didampingi Bupati Katingan Syakariyas, Kapolres Katingan, Ketua DPRD Katingan, Pabung Kodim Sampit dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, Rabu.

"Kapolda memberikan bantuan bahan makanan itu langsung dari rumah ke rumah masyarakat yang ada di desa Tumbang Liting Kecamatan Katingan Hilir. Di desa itu ada 90 Kepala Keluarga yang terkena musibah banjir," kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Pambudi Rahayu.

Berdasarkan hasil pantauan ada lima kecamatan di Katingan yang terkena banjir akibat meluapnya sungai Katingan. Kelima kecamatan tersebut yakni Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Tengah, Sanaman Mantikei dan Katingan Hulu.

Dampak yang ditimbulkan banjir tersebut membuat akses jalan dari Kecamatan Tewang Sangggalang Garing menuju Kecamatan Katingan Tengah dan Sanaman Mantikei terputus sehingga sulit untuk dilalui.

"Rumah-rumah penduduk sebagian besar terendam air, Bangunan sekolah juga terendam air sehingga untuk sementara para siswa diliburkan. Aktivitas masyarakat di lima kecamatan di Kabupaten Katingan itu pun termbat akibat banjir tersebut," kata Pambudi.

Selain menyalurkan langsung bantuan bahan makanan kepada korban banjir, Kapolda Kalteng juga telah memerintahkan kepada seluruh personil agar memberikan pertolongan kepada masyarakat saat melintas di titik jalan yang terputus.

Polda Kalteng dibantu Polres Katingan juga telah membuat Posko Terpadu di dekat lokasi banjir untuk mempermudah menangani berbagai keluhan serta laporan masyarakat yang menjadi korban.

"Kapolda juga menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan mengawasi anak-anak karena arus air sangat deras. Dan bagi masyarakat yang rumahnya terrendam agar mau dievakuasi. Sampai sekarang tidak ada korban jiwa akibat banjir di Katingan," demikian Pambudi.