Bupati Sudarsono Ajak Generasi Muda Perhatikan Lansia

id seruyan, bupati seruyan, HLUN, lansia, hari lansia, Generasi Muda Perhatikan Lansia

Bupati Sudarsono Ajak Generasi Muda Perhatikan Lansia

Ilustrasi - Lansia. (ANTARA FOTO/Jojon)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono, mengajak generasi muda di wilayahnya untuk menghormati dan memperhatikan kaum lanjut usia (lansia).

"Mari kita memberi perhatian dan ruang kepada para lanjut usia untuk dapat menjalani hari tua penuh dengan kebahagiaan," kata Bupati Sudarsono saat Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 21 di Kuala Pembuang, Kamis.

Ia mengatakan generasi muda sudah seharusnya menghormati lansia, karena jasa merekalah maka banyak generasi muda sekarang bisa menikmati pendidikan dan kehidupan yang layak.

Generasi muda yang telah hidup mapan dan memiliki orang tua atau keluarga lansia sudah seharusnya memperhatikan berbagai kebutuhan para lansia sebagai bentuk balas jasa terhadap apa yang telah mereka lakukan.

"Mereka telah membesarkan anak-anak dengan kasih sayang, tidak sepatutnya dilupakan atau disisihkan. Tidak ada yang bisa membayar perjuangan, nilai kasih sayang para orang tua yang kini telah menjadi lansia," katanya.

Ia mengakui saat ini keberadaan para orang tua lansia seringkali terabaikan oleh kaum muda, hal ini salah satunya disebabkan mulai lunturnya nilai-nilai sosial dan moral kebangsaan di masyarakat.

"Padahal menjadikan lansia sejahtera lahir dan batin tentunya bukan hanya tugas dan tanggung jawab instansi pemerintahan, melainkan tanggung jawab masyarakat," katanya.

Ia menegaskan keberadaan lansia tidak boleh diabaikan, sebaliknya masyarakat harusnya menghargai dan meneladani orang tua lansia yang telah banyak berjuang demi bangsa dan negara serta daerahnya.

"Saya merasakan peran lansia tetap penting dalam pembangunan, para lansia adalah tokoh yang dapat berfungsi sebagai pemelihara nilai dan norma sosial masyarakat," katanya.

Peringatan yang diikuti ratusan lansia dari sejumlah desa dan kecamatan itu dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti senam sehat, pembagian bingkisan, sembako, serta penyerahan bantuan bedah kamar bagi beberapa lansia oleh Bupati Seruyan.