Sehari Ini Dua SD Negeri di Palangka Raya Terbakar

id sekolah terbakar, polres palangka raya, sdn 4 menteng, sdn 4 langkai

Sehari Ini Dua SD Negeri di Palangka Raya Terbakar

Petugas pemadam kebakaran Pemerintah Kota Palangka Raya dan Swakarsa berjibaku memadamkan kobaran api yang membakar gedung sekolah SDN 4 Menteng Jalan Thambrin (kiri) dan SDN 4 Langkai di Jalan Ais Nasution (kanan) yang terjadi, Jumat (21/7/2017). (

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Warga yang bermukim di Jalan Thamrin dan Jalan Ais Nasution, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mendadak gempar akibat di dua lokasi itu pada Jumat ini terjadi bencana kebakaran sekolah.

Di Jalan Thamrin, yang terbakar SD Negeri 4 Menteng. Kebakaran itu menghanguskan enam ruangan terdiri dari tiga ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah dan satu unit kantin sekolah. 

Sedangkan di Jalan Ais Nasution, yang terbakar SD Negeri 4 Langkai, dengan  dua ruangan kelas hangus terbakar.   

"Dugaan sementara kebakaran yang terjadi di SDN 4 Menteng korsleting listrik yang berasal dari ruang kelas 1C. Sedangkan kebakaran yang menghanguskan dua ruang kelas III dan IV di SD Negeri 4 Langkai masih dilakukan penyelidikan," kata Kapolres Palangka Raya, AKBP Lili Warli, Jumat.

Lili menegaskan, pihaknya kembali bakal melibatkan pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota setempat guna mengungkap misteri penyebab kebakaran yang selalu terjadi lantaran korsleting listrik.

"PLN kita libatkan bertujuan untuk mengidentifikasi apakah dugaan korsleting listrik yang menyebabkan kebakaran ini akibat kelebihan daya listrik atau bagaimana. Ini yang menjadi penasaran pihak kepolisian selama ini ketika ada musibah kebakaran selalu saja disebabkan arus pendek listrik," beber Lili Warli.

Guru SDN 4 Menteng Elok mengaku terkejut ketika mendapat kabar bahwa sekolahnya terbakar. Ketika itu dirinya usai menjalankan shalat dzuhur di masjid Aqidah Jalan Tambun Bungai. 

"Ketika saya datang ke lokasi kejadian ruang kelas, ruang guru, ruang kepala sekolah dan tiga kelas sudah hangus terbakar. Saya juga belum mengetahui apa penyebabnya, yang pasti saya sudah laporkan dengan kepala sekolah kejadian ini. Karena saat kejadian kepala sekolah berada di luar daerah," kata Elok.

Sedangkan kebakaran di SDN 4 Langkai yang menghanguskan dua unit ruang kelas, kini masih diselidiki aparat kepolisian setempat. sebab belum diketahui secara jelas penyebab api yang menghanguskan dua ruangan tersebut.

Berdasarkan keterangan Umi (42), saksi mata pertama kali melihat kejadian itu, kepulan asap muncul dari bagian atas bangunan kelas. Tidak lama bangunan tersebut langsung berkobar hingga dirinya berteriak minta tolong dan menghubungi pemadam kebakaran.

"Saya juga tidak mengetahui penyebabnya, tiba-tiba saja api muncul dan membakar bangunan tersebut. Sebelumnya daerah setempat mengalami pemadaman listrik pada pukul 09.00 WIB pagi," tandasnya.