RSUD Muara Teweh Dipercaya Sebagai RS Rujukan

id RSUD Muara Teweh, RS Rujukan, RSUD Muara Teweh Dipercaya Sebagai RS Rujukan

RSUD Muara Teweh Dipercaya Sebagai RS Rujukan

Bupati Barito Utara H Nadalsyah dan Wakil Bupati Ompie Herby, Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya foto bersama tim survey penilaian akreditasi RSUD Muara Teweh, Jumat. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan kepercayaan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muara Teweh sebagai rumah sakit rujukan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Daerah Aliran Sungai Barito.

"Pemerintah Provinsi Kalteng telah mempercayakan RSUD Muara Teweh sebagai rumah sakit rujukan, selain Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan dan Murung Raya," kata Bupati Nadalsyah dalam kegiatan survei penilaian akreditasi RSUD Muara Teweh, Jumat.

Menurut Nadalsyah untuk itu sangat diperlukan adanya kesiapan RSUD Muara Teweh untuk lebih baik secara fisik, materi dan SDM. Pemkab selalu mendukung setiap kegiatan atau proses maupun program yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan, salah satunya adalah dengan akreditasi.

Akreditasi ini mengandung arti suatu pengakuan yang diberikan pemerintah kepada rumah sakit karena telah memenuhi standar yang telah ditetapkan. Rumah sakit yang telah terakreditasi mendapat pengakuan dari pemerintah bahwa semua hal yang ada didalamnya sudah sesuai dengan standar.

"Sarana dan prasarana yang dimiliki rumah sakit sudah sesuai standar, prosedur yang dilakukan kepada pasien juga sedah sesuai dengan standar," katanya.

Bupati Nadalsyah menjelaskan, kegiatan ini sangat baik karena tujuannya untuk mengetahui dan menentukan apakah RSUD Muara bTeweh sudah memenuhi kompetensi yang telah ditetapkan, terutama dalam penerapan budaya keselamatan dan budaya kualitas.

Terlebih katanya saat ini komisi akreditasi rumah sakit (KARS) mengembangkan standar akreditasi versi 2012, yang mana pada standar akreditasi versi 2012 ini memiliki kelebihan yaitu lebih fokus pada pasien, kuat dalam proses, output dan outcome, kuat pada implementasi serta melibatkan seluruh petugas dalam proses akreditasinya.

"Dengan adanya perbaikan ini diharapkan RSUD yang lulus proses akreditasi versi 2012 ini benar-benar dapat meningkatkan mutu pelayanan dengan lebih fokus pada keselamatan pasien," jelasnya.

Nadalsyah berharap, kedepannya dengan adanya akreditasi diharapkan tumbuh pula kepercayaan dan pengakuan dari masyarakat bahwa RSUD Muara Teweh mampu memberikan layanan kesehatan yang terbaik.

"Dengan pengakuan ini diharapkan Pemkab Barito Utara nantinya bisa menjamin adanya peningkatan mutu layanan kesehatan di RSUD Muara Teweh tanpa diiringi dengan kenaikan harga," ujar Nadalsyah.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Bupati Ompie Herby dan istri, Wakil Ketua I DPRD Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua II Acep Tion, Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya serta empat orang tim surveror dari komisi akreditasi rumah sakit (KARS).