Fraksi PAN Kalteng Pertanyakan Perkembangan Penggalian PAD

id PAN Kalteng, Penggalian PAD, Fraksi PAN Kalteng Pertanyakan Perkembangan Penggalian PAD

Fraksi PAN Kalteng Pertanyakan Perkembangan Penggalian PAD

Ketua DPW PAN Kalteng H Ade Supriyadi. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kalimantan Tengah mempertanyakan sejauh mana perkembangan penggalian pendapatan asli daerah dari sektor perhutanan dan perkebunan serta pertambangan seperti yang pernah disampaikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Sekarang ini justru terjadi pengurangan pendapatan daerah sebesar Rp4,03 miliar atau 0,99 persen dari target semula sebesar Rp4,08 triliun, kata Ketua Fraksi PAN DPRD Kalteng Ade Supriyadi di Palangka Raya, Jumat.

"Kami mendukung upaya Gubernur menciptakan dan mengoptimalkan penggalian PAD dari sektor perhutanan, perkebunan dan pertambangan itu. Jadi perlu diketahui sudah sejauh mana upaya yang dilakukan dan bagaimana hasilnya," tambahnya.

Selain itu, Fraksi PAN DPRD Kalteng juga mempertanyakan kemampuan Pemerintah Provinsi setempat mencapai seluruh arah kebijakan yang tercantum dalam rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2025.

Ade mengatakan tahun 2017 ini merupakan tahun pertama penjabaran RPJMD Kalimantan Tengah dengan tema `memacu pemerataan dan penguatan pergerakan perekonomian daerah`, namun menjadi pertanyaan bagaimana penerapan seluruh arah kebijakannya.

"Postur APBD-P 2017 kan mengalami penurunan target pendapatan, sehingga mampukah Pemprov mencapai seluruh arah kebijakan tersebut dengan kuantitas yang memadai dan kualitasnya prima. Ini perlu penjelasan Pemprov," bebernya.

Fraksi PAN DPRD Kalteng pun mengharapkan agar arah pembangunan provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila" ini sasarannya terukur, sehingga dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Anggota DPRD Kalteng ini pun meminta Pemprov Kalteng dapat memberikan penjelasan terkait langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pemenuhan infrastruktur dan kebutuhan dasar masyarakat.

"Semua pertanyaan ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap kesuksesan Gubernur Sugianto Sabran dalam memimpin Kalteng. Sebab, berbagai pertanyaan itu menjadi perhatian dari masyarakat Kalteng sekarang ini," demikian Ade.