Kenapa Saya Tak Boleh Main FB? Kata Anak Kepada Presiden

id hari anak 2017, presiden jokowi, facebook

Kenapa Saya Tak Boleh Main FB? Kata Anak Kepada Presiden

Presiden Joko Widodo berdialog dengan anak-anak pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau, Minggu (23/7). (ANTARA FOTO/Rony Muharrman)

Pekanbaru (Antara Kalteng) - Presiden Joko Widodo mengingatkan agar anak-anak boleh bermain media sosial "facebook" hanya bila sudah berusia 13 tahun, dan tetap dalam pengawasan orang tua.

"Anak-anakku siapa yang senang bermain media sosial? Coba ada yang mau bertanya silakan maju ke sini," tanya Presiden dalam peringatan Hari Anak Nasional 2017 di Lapangan Gedung Daerah Pauhjanggi Provinsi Riau, Minggu.

"Nama saya Grace, saya mau tanya kenapa saya tidak boleh pakai 'Facebook'? Kata mama harus pakai 'Facebook' mama," tanya seorang anak yang ditunjuk Presiden.

"Grace umur berapa?" tanya Presiden.

"Sebelas," jawab Grace.

"Jadi anak-anak, bapak ingin beritahukan kalau mau main 'Facebook', umur di bawah 13 tahun tidak boleh. Aturannya begitu, kalau lebih dari 13 tahun boleh main, tapi diawasi bapak ibu agar dibimbing anak-anak menggunakan medsos dengan baik. Grace ingin main 'Facebook' sementara ini tidak boleh harus nebeng ke Facebooknya mama," jawab Presiden.

Presiden lalu balik mengajukan pertanyaan ke Grace.

"Grace belajar sehari berapa jam?" tanya Presiden.

"Dua jam," jawab Grace.

"Bermain berapa jam? Tambah sedikit lagi (waktu belajarnya) tidak apa-apa, pulang sekolah belajar sedikit, nanti malam juga belajar lagi tapi kalau libur boleh bermain, sore juga boleh bermain. Anak-anak main pagi atau sore?" tanya Presiden.

"Sore," jawab anak-anak yang hadir.

"Grace kalau main, mainnya apa?" tanya Presiden.

"Main HP (handphone)," jawab Grace.

"Suka main HP ya," ungkap Presiden.

"Ya sudah dapat sepeda. Nih sepedanya diambil terima kasih, belajar yang giat," tambah Presiden.