Pemkab Seruyan Gelar Expo 2017

id laosma purba, disperindag seruyan, seruyan expo

Pemkab Seruyan Gelar Expo 2017

Bupati Seruyan Sudarsono ketika menunjukkan salah satu produk masyarakat berupa gula merah cair yang dipamerkan dan dijual pada stand Seruyan Expo 2016 (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah akan menggelar "Seruyan Expo 2017" untuk memperkenalkan berbagai produk yang telah dihasilkan masyarakat di kabupaten tersebut.

"Sesuai jadwal, Seruyan Expo 2017 akan digelar pada 5 Agustus bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Seruyan ke-15," kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah Seruyan Laosma Purba di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia mengatakan, Seruyan Expo yang digelar dari 4-12 Agustus dipusatkan di Stadion Gagah Lurus Kuala Pembuang dengan melibatkan perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di Seruyan.

"Kurang lebih ada 50 stand pameran yang akan kita bangun di arena expo," katanya.

Ia menjelaskan, dalam expo tersebut, perwakilan dari masing-masing kecamatan akan memperkenalkan berbagai produk yang selama ini telah dihasilkan masyarakat di wilayahnya, baik itu berupa barang kerajinan, kuliner, serta berbagai olahan lainnya.

"Jadi harapannya produk yang selama ini sudah ada di masyarakat dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas, bukan hanya yang ada di Seruyan, tapi di Kalteng, bahkan Indonesia," katanya.

Dengan adanya kegiatan expo di "Bumi Gawi Hatantiring" ini, diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk-produk yang dihasilkan, sehingga semakin bernilai ekonomis dan mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain.

Selain itu, sesuai dengan arahan dari Bupati Seruyan, penyelenggaraan expo lebih banyak memanfaatkan kekayaan dan masyarakat lokal, terutama dalam hal pengadaan fasilitas atau sarana dan prasarana expo.

"Sehingga penyelenggaraan expo juga berdampak secara ekonomi bagi masyarakat lokal," katanya.

Ia menambahkan, Seruyan Expo digelar bukan hanya untuk memperkenalkan produk yang telah dihasilkan masyarakat, akan tetapi juga untuk memperkenalkan berbagai potensi wilayah yang selama ini belum tergali maksimal.

"Dengan adanya informasi mengenai potensi daerah, mudah-mudahan ada investor yang tertarik untuk mengembangkan usahanya sehingga perekonomian Seruyan akan terus tumbuh, dan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera," katanya.