Pawai Jalan Kaki Meriahkan HUT Barito Utara

id HUT barito utara, bupati barut

Pawai Jalan Kaki Meriahkan HUT Barito Utara

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Ompie Herby, Ketua DPRD Set Enus Y Mebas, foto bersama dihiasan berbentuk televisi disela pawai jalan kaki dalam rangka Hari Jadi ke 67 Kabupaten Barito Utara, di Muara Teweh, Minggu. (Foto An

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Ratusan pelajar dan Aparatur Sipil Negara (ASN) ikuti pawai dengan berjalan kaki dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ke-67 tahun 2017.

Pawai jalan kaki dengan peserta dari SD, SMP, SLTA dan ASN itu dengan rute di sejumlah ruas jalan protokol dan jalan lingkungan lainnya di lepas Bupati Barito Utara Nadalsyah di kawasan bundaran air mancur atau depan rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Minggu.

Turut melepas Wakil Bupati Barito Utara Ompie Herby, Ketua DPRD Set Enus Y Mebas, Wakil Ketua II DPRD Aception, Sekretaris Daerah Jainal Abidin dan pejabat lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Barito Utara Arbaidi mengatakan pawai jalan kaki ini merupakan salah satu rangkai kegiatan memeriahkan HUT kabupaten yang dilaksanakan sejumlah satuan organisasi perangkat daerah dilingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara.

Selain pawai jalan kaki juga sebelumnya pada Jumat (21/7) kerja bakti di sejumlah sarana ibadah di Muara Teweh, kemudian pada Sabtu (22/7) dilakukan senam bersama di arena terbuka Tiara Batara dan jalan santai.

"Pada jalan santai itu diikuti pelajar, PNS dan pegawai perbankan dan kesehatan dengan dibagikan sejumlah hadiah," katanya.

Arbaidi mengatakan untuk kegiatan festival budaya Dayak "Iya Mulik Bengkang Turan" akan dilaksanakan pada Senin (24/7) akan dibuka Bupati Nadalsyah diikuti sembilan kecamatan di daerah ini.

"Dalam festival budaya ini cabang yang akan diperlombakan diantaranya yakni sepak sawud, balogo, besei kambe, dayung, manyipet, manyumpit, manetek, maneweng, tari pesisir pedalaman dan karungut," kata dia.

Sedangkan untuk peserta yang akan diikuti dari perwakilan dari sembilan kecamatanan se Kabupaten Barito Utara yakni khusus untuk lomba karungut dan tari dibuka untuk umum, sebab tahun lalu ada beberapa kecamatan yang tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti lomba ini.

"Saya mengimbau kepada pihak kecamatan agar mempersiapkan pesertanya. Masing-masing pemenang juara I dari setiap cabang lomba Festifal Budaya Iya Mulik Bengkang Turan, nantinya akan mewakili Barito Utara untuk mengikuti festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan di Palangka Raya," ujar Arbaidi.