Nah! Anggota DPR Ini Laporkan Kebakaran 4 SD Palangka Raya ke Presiden dan Menteri

id Asdi Narang, kebakaran 4 sekolah dasar palangka raya, kebakaran, presiden Jokowi

Nah! Anggota DPR Ini Laporkan Kebakaran 4 SD Palangka Raya ke Presiden dan Menteri

Asdi Narang (www.dpr.go.id)

Saya menduga ada sabotase terkait kebakaran ini. Itu kenapa saya berharap Polisi segera bertindak dan mencari penyebab kebakaran ini, jangan sampai permasalahan seperti ini terulang kembali,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi X DPR RI asal Kalimantan Tengah Asdi Narang berencana melaporkan terjadinya kebakaran yang menimpa empat sekolah dasar di kota Palangka Raya kepada Presiden Joko Widodo serta Kementerian terkait.

Kebakaran empat SD kurang dari 24 jam tersebut merupakan peristiwa kurang normal sehingga perlu diketahui serta mendapat perhatian serius dari Pemerintah Pusat, kata Asdi di Palangka Raya, Senin.

"Saya menduga ada sabotase terkait kebakaran ini. Itu kenapa saya berharap Polisi segera bertindak dan mencari penyebab kebakaran ini, jangan sampai permasalahan seperti ini terulang kembali," tambahnya.

Legislator dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku prihatin dengan terbakarnya empat SD di Kota Palangka Raya itu, apalagi masih suasana tahun ajaran baru.

Dia mengatakan sekarang ini anak-anak atau pelajar sedang semangat-semangatnya untuk menuntut ilmu. Namun kejadian tersebut akan memberikan dampak psikologi kepada para pelajar.

"Ini alasan saya akan melaporkan kejadian ini ke Bapak Presiden, Menteri juga Kapolri dan Kapolda agar mereka mengirimkan tim untuk melakukan investigasi terhadap kebakaran empat sekolah itu," kata Asdy.

Kebakaran pertama terjadi di SD Negeri 4 Menteng di jalan Thamrin, Jumat (21/7) pukul 13.00 WIB, disusul SD Negeri 4 Langkai di jalan Ais Nasution, Jumat (21/7) pukul 15.00 wib, kemudian di SD Negeri 1 Langkai, Sabtu (22/7) pukul 02.00 WIB, dan SD Negeri 5 Langkai di jalan Wahidin Soedirohusodo, Sabtu (22/7) pukul 03.00 wib.

Menyikapi kebakaran yang menimpa empat SD tersebut, Wali Kota Palangka Raya HM Riban Sati mengeluarkan surat edaran nomor:364.1/356/DPKP/Sekr.Um-Peg/VII/2017.

Surat edaran itu meminta seluruh Kepala Kantor, Instansi Pemerintah, rumah ibadah dan sekolah-sekolah, baik Negeri maupun Swasta, agar mengaktifkan Petugas Satpam di lingkungan masing-masing dan apabila perlu menambah tenaga pengamanan dan koordinasi dengan pihak kepolisian setempat.

"Diminta juga melakukan pengecekan kembali instalasi listrik di gedung masing-masing dalam waktu segera dengan melibatkan pihak PT PLN Cabang Palangka Raya," kata Riban dalam surat edaran tersebut.

Wali Kota juga meminta apabila terjadi kebakaran, agar segera menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) kota Palangka Raya cq Mako Damkar Kota Palangka Raya jalan Diponegoro nomor 4 di dengan menghubungi 0536 3230113.