Legislator Imbau Warga Waspadai Meluapnya Sungai Kahayan

id DPRD Palangka Raya, Sugianor, Waspadai Meluapnya Sungai Kahayan

Legislator Imbau Warga Waspadai Meluapnya Sungai Kahayan

Anggota DPRD Palangka Raya, Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sugianor mengimbau warga yang tinggal di bantaran Sungai Kahayan untuk mewaspada potensi meluapnya sungai tersebut.

"Saya menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai serta warga yang beraktivitas di sekitar sungai agar berhati-hati dengan terus naikknya debit air Sungai Kahayan," katanya di Palangka Raya, Senin.

Menurut dia, kewaspadaan ini diperlukan mengingat cuaca di kota Palangka Raya sering berubah secara tiba-tiba sehingga sulit diprediksi.

Politisi PKB ini juga meminta orang tua meningkatkan pengawasan dan penjagaan terhadap anak-anaknya agar tak bermain di sungai tanpa pengawasan.

"Jaga dan awasi anak-anak. Jangan biarkan bermain di sungai tanpa pengawasan karena saat ini debit sungai meningkat dan arusnya juga deras sehingga sangat tidak aman dan membahayakan mereka," katanya.

Sugianor juga meminta anggota Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa meningkatkan penyuluhan dan sosialisasi secara "door to door" terutama bagi masyarakat yang bermukim di pinggiran sungai Kahayan.

"Langkah ini dilakukan untuk memberikan imbauan kepada warga setempat supaya waspada terhadap potensi banjir apalagi saat ini cuaca tidak bisa ditebak. Secara dari cuaca panas terik tiba-tiba hujan lebat. Keadaan ini justru harus diwaspadai karena bisa membuat orang lengah," katanya.

Di sisi lain, guna meningkatkan keselamatan pengguna transportasi air, seharusnya pemilik atau pengelola kapal menyediakan alat pelampung yang harus dikenakan warga saat menyeberangi sungai.

"Alat keselamatan harus selalu tersedia di perahu atau kapal sehingga jika terhadi hal semacam ini dapat menunjang keselamatan pengguna transportasi," katanya.