22 Siswa Kalteng Jelajahi Provinsi Jambi

id Siswa Mengenal Nusantara, Siswa Kalteng Jelajahi Provinsi Jambi, rasa bangsa dan cinta tanah air

22 Siswa Kalteng Jelajahi Provinsi Jambi

Para siswa mengenal nusantara bersama dengan jajaran Pelindo III dan PT Kimia Farma (Persero), serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. (Foto Antara Kalteng/Rachmat Hidayat)

Palangka Raya (Antara) - Pelindo III bersama PT Kimia Farma dan PT Balai Pustaka (Persero) memfasilitasi 22 siswa SMA dari Kalimantan Tengah untuk menjelajahi Provinsi Jambi selama seminggu guna melihat daerah lain dan mengenal keragaman budaya nusantara.

Vice President Corporate Social Responsibility Pelindo III, Roy Darma Putera, di Palangka Raya, Senin, mengungkapkan hal itu adalah salah satu program BUMN Hadir untuk Negeri, yakni kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN).

"Kegiatan itu bertujuan untuk menanamkan rasa bangsa dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa karena mereka sebagai agen pembangunan bangsa dimasa depan," ucapnya.

Pihaknya juga berharap melalui kegiatan itu, anak-anak Kalteng dapat berinteraksi dengan teman-teman mereka yang berasal dari provinsi lain.

Bahkan, sebaliknya siswa-siswi dari Jambi juga diajak untuk berkeliling Kalteng sehingga mereka nantinya bisa bercerita dan bertukar pengalaman bagaimana kondisi daerah tempat tinggalnya masing-masing serta apa manfaat yang bisa diambil dalam kunjungan mengenal nusantara tersebut.

Roy menjelaskan di Jambi para siswa itu akan diajak dan dikenalkan ragam budaya dan atraksi kesenian daerah. Sebaliknya para siswa yang diundang dari Jambi juga akan berkeliling Kalteng.

Siswa dari Jambi itu, katanya, akan diajak melihat dan mengenal Rumah Betang di Pulang Pisau, naik kapal wisata susur Sungai, belajar tentang orangutan, dan menikmati kuliner khas Dayak.

"Termasuk para siswa-siswi itu nantinya juga akan diajak untuk melihat bagaimana kinerja Pelindo dan fungsi BUMN lain dalam menyokong perekonomian Indonesia," ujar Roy.

Direktur Umum dan Human Capital PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Arief Pramuhanto mengungkapkan pentingnya kegiatan SMN itu guna merangsang pemikiran anak Indonesia untuk memupuk rasa persaudaraan dengan kawan-kawannya dari suku lain, menumbuhkan keinginan menggali informasi hal-hal yang berkaitan dengan keanekaragaman budaya Indonesia.

"Saya berpesan, para siswa-siswi yang terpilih adalah merupakan yang terbaik dari seluruh Kalteng, dan diharapkan nanti dapat menceritakan pengalamannya setelah melaksanakan serangkaian kegiatan yang telah ditentukan. Kami juga minta siswa-siswi terpilih nanti ikut membagikan pengalaman mereka melalui media sosial yang dimiliki," katanya.

Sebanyak 22 siswa dan siswi terbaik Kalteng itu diberangkatkan pada 25 Juli-2 Agustus 2017. Dari 22 siswa tersebut dua di antaranya siswa difabel.