Pemkab Seruyan Evaluasi Penyaluran Bantuan Poktan

id Pemkab Seruyan, Sugian Noor, Pemkab Seruyan Evaluasi Penyaluran Bantuan Poktan

Pemkab Seruyan Evaluasi Penyaluran Bantuan Poktan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan, Sugian Noor.

Ke depan kita juga akan semakin perketat pemberian bantuan kepada poktan agar tepat sasaran,"
Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mengevaluasi penyaluran berbagai bantuan kepada kelompok tani yang ada di daerah setempat.

"Evaluasi dilakukan agar berbagai bantuan yang telah diberikan kepada poktan dapat bermanfaat secara maksimal," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan, Sugian Noor di Kuala Pembuang, Selasa.

Mantan Asisten II Sekretariat Daerah Seruyan ini mengatakan, evaluasi juga dilakukan untuk mengetahui bahwa poktan penerima bantuan adalah poktan yang aktif dan serius dalam menjalankan usaha pertanian, bukan poktan yang fiktif.

"Ke depan kita juga akan semakin perketat pemberian bantuan kepada poktan agar tepat sasaran," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono telah meminta DKPP untuk mengevaluasi pemberian bantuan yang telah salurkan kepada poktan.

"Jika poktan tersebut tidak memanfaatkan dengan baik bantuan itu, maka jangan lagi ada bantuan yang disalurkan untuk kelompok tersebut," katanya.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" ini menegaskan, Pemkab Seruyan terus melakukan pembenahan di berbagai sektor sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), dan sektor pertanian merupakan salah satu sektor prioritas yang mendapat perhatian oleh pemerintah.

"Kita juga telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Kalteng untuk pelaksanaan program upsus mulai dari tahun 2015 hingga 2018 mendatang," katanya.

Ia menambahkan, sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan sektor pertanian, Pemkab Seruyan akan terus memperjuangkan berbagai bantuan misalnya alat dan mesin pertanian bagi petani, bukan hanya melalui APBN tapi juga APBD.

"Tapi di satu sisi kita ingin penerima bantuan adalah poktan yang serius, yakni mempunyai tekad dan kemauan untuk memajukan pertanian di Seruyan," katanya.