Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Seruyan Tambah Jam Layanan

id seruyan, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Seruyan

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat, Perpustakaan Seruyan Tambah Jam Layanan

Ilustrasi. (www.budayamukti.com)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, berencana menambah jam layanan sebagai upaya meningkatkan minat baca bagi masyarakat di daerah tersebut.

"Memang sudah ada wacana ke arah itu," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Seruyan Astono di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menjelaskan, sebagian besar pengunjung perpustakaan berasal dari kalangan pelajar dan mahasiswa yang biasanya aktif berkunjung pada sore hari dan ketika hari libur sekolah.

Sementara, selama ini jam operasional atau pelayanan perpustakaan mengikuti jam kerja dinas yakni Senin sampai Jumat mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 15.30 WIB.

"Sedangkan untuk Sabtu dan Minggu petugas libur sehingga perpustakaan juga tutup," katanya.

Ia menambahkan, wacana penambahan waktu pelayanan dan jam kerja pegawai ini sedang dikoordinasikan dengan instansi terkait dalam hal ini Inspektorat serta Badan Kepegawaian Daerah.

"Karena ini berkaitan dengan penambahan jam kerja dan insentif untuk lembur pegawai maka teknis pelaksanaannya harus dipelajari lebih lanjut," katanya.

Selama beberapa tahun terakhir, minat baca di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" telah mengalami peningkatan.

Berdasarkan data kunjungan dan peminjaman buku DPK, pada tahun 2012 warga yang berkunjung ke perpustakaan sebanyak 4.404 orang, tahun 2013 sebanyak 3.517 orang, tahun 2014 sebanyak 4.618 orang dan tahun 2015 sebanyak 4.544 orang, tahun 2016 sebanyak 4.743.

Kemudian, untuk 2017 rata-rata jumlah kunjungan 200-300 orang per bulan dan sebagian besar pengunjung perpustakaan didominasi oleh pelajar serta mahasiswa.

Selain jumlah kunjungan, lewat pengadaan yang dilakukan pemerintah setiap tahun, jumlah koleksi buku di perpustakaan daerah Seruyan juga terus semakin banyak dan terbilang cukup lengkap.

Akumulasi koleksi buku di perpustakaan sejak 2008 hingga 2016 telah mencapai 55.874 eksemplar dengan 9.779 judul berbeda.

"Kita berharap berbagai upaya yang dilakukan, termasuk wacana penambahan jam kerja baru membuat masyarakat khususnya pengunjung perpustakaan dapat terlayani dengan baik," katanya.