Pemkab Barsel Ajak Semua Pihak Tingkatkan Minat Baca Pelajar Sejak Dini

id Pemkab Barsel, Agus Taruna, Tingkatkan Minat Baca Pelajar

Pemkab Barsel Ajak Semua Pihak Tingkatkan Minat Baca Pelajar Sejak Dini

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Barito Selatan, Agus Taruna. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, berupaya meningkatkan minat membaca para pelajar di wilayah setempat.

"Selama ini, kami terus memberikan saran serta masukan bagi semua guru-guru, baik di tingkat SD, SLTP, maupun SLTA, agar meningkatkan minat baca," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Barito Selatan Agus Taruna di Buntok, Selasa.

Menurut dia, minat baca tidak harus pada saat jam sekolah saja, tetapi dapat pada saat berada di luar jam sekolah.

"Hal tersebut agar bisa menambah ilmu dan pengetahuan melalui membaca di luar jam sekolah," ucapnya.

Agar menumbuhkan minat baca, dia berharap setiap sekolah mempunyai perpustakaan sekolah supaya pada saat jam istirahat para anak didik bisa mempergunakan waktunya untuk membaca buku.

Hal itu mengingat, lanjut dia, perpustakaan merupakan salah satu sarana dalam meningkatkan mutu pendidikan serta menambah ilmu pengetahuan.

Selain itu, dalam meningkatkan mutu pendidikan, bukan hanya tugas pemerintah daerah melalui instansi terkait serta guru-guru di sekolah, melainkan semua pihak harus terlibat di dalamnya.

"Orang tua paling berperan penting dalam memberikan pengertian, serta pandangan yang positif supaya anak-anaknya agar mau meningkatkan serta menumbuh kembangkan minat baca," katanya.

Menurut dia, bila semua pihak ikut berperan, mutu pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di daerah ini akan menjadi lebih meningkat lagi.

"Dengan meningkatnya SDM, ke depannya akan mampu berkiprah dalam membangun, terutama kebupaten ini ke arah yang lebih baik lagi. Selain itu, juga anak didik akan mampu membawa harum nama daerah ini pada tingkat nasional, bahkan internasional," kata Agus Taruna.