Masyarakat Waspadai Banjir Susulan! Kata Wabup Gunung Mas

id Banjir Gumas, Gunung Mas, Kuala Kurun, Waspadai Banjir Susulan, Rony Karlos

Masyarakat Waspadai Banjir Susulan! Kata Wabup Gunung Mas

Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos, dan Jajaran Pemerintah Kabupaten setempat ketika meninjau lokasi banjir beberapa waktu lalu. (Foto Antara Kalteng/Kaje)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos mengingatkan kepada masyarakat kabupaten setempat untuk mewaspadai banjir susulan, mengingat saat ini kondisi air sudah mulai sedikit menurun. Namun harus tetap waspada karena air bisa meninggi sewaktu-waktu.

"Saat ini di darah hulu debit air kembali meningkat, kami sampaikan kepada RT untuk mengingatkan masyarakatnya dan petugas posko agar dapat mewaspadai banjir susulan," katanya di Kuala Kurun, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, arus air DAS Kahayan cukup deras, sehingga dikhawatirkan dapat menambah kembali ketinggian air. Pasalnya debit air di daerah hulu juga meningkat dan turun ke hilir.

Sejauh ini, telah di bangun empat buah posko siaga bencana banjir di empat lokasi terparah banjir, diantaranya Kelurahan Tumbang Anjir, Tewah, Tumbang Miri dan Desa Tumbang Lampahung.

"Meski keterdiaan sarana dan prasarana posko ini terbatas, kami berharap para korban banjir bisa memanfaatkan posko tersebut," ujarnya.

Mengenai bantuan untuk para korban banjir, tambah dia, pihaknya nanti akan mengajukan proposal ke provinsi, sehingga mudah-mudahan dalam waktu dekat, bantuan sudah tersalurkan.

"Saya minta Dinas Sosial (Dinsos) dan BPBD untuk saling berkoordinasi, sehingga para korban banjir secepatnya menerima bantuan,” demikian Rony.