Legislator Minta PUPR Cek Jalan Palangka Raya-Gumas

id DPRD Kalimantan Tengah, Heriansyah, Legislator Minta PUPR Cek Jalan Palangka Raya-Gumas

Legislator Minta PUPR Cek Jalan Palangka Raya-Gumas

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Heriansyah. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah Heriansyah meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi segera mencek kondisi ruas jalan yang menghubungkan Kota Palangka Raya dengan Kabupaten Gunung Mas.

Informasi dari masyarakat bahwa kondisi ruas jalan Palangka Raya-Gumas itu semakin menyempit akibat aspalnya banyak terkelupas sehingga dapat membahayakan pengendara yang melaluinya, kata Heriansyah di Palangka Raya, Rabu.

"Kalau memang kondisinya sudah sangat berbahaya, segera lakukan perbaikan. Anggaran pemeliharaan jalan di Dinas PUPR Kalteng kan ada. Digunakan saja itu. Jangan sampai ada korban baru dilakukan perbaikan," tambahnya.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini mengakui Ruas jalan Palangka Raya-Gumas kondisinya berbukit-bukit dan naik turun serta sering dilalui kendaraan dengan angkutan berat.

Dia mengatakan kondisi itu membuat pembangunan dan perbaikannya membutuhkan dana yang relatif besar. Untuk itu, dibutuhkan koordinasi dan komunikasi antara Dinas PUPR Provinsi dan Kabupaten setempat lebih ditingkatkan agar pemeliharaannya dapat dilakukan secara bersama-sama.

"Ruas jalan Palangka Raya-Gumas memang tanggungjawab Provinsi, tapi tidak ada salahnya pemeliharaannya juga mendapat bantuan dari Pemkab. Tapi, sekarang ini kita minta Dinas PUPR Kalteng segera memperbaiki ruas jalan yang sudah rusak," pinta Heriansyah.

Selain meminta di cek dan segera diperbaiki, Wakil Ketua DPRD Kalteng itu juga meminta Dinas Perhubungan Provinsi melengkapi berbagai rambu-rambu lalu lintas, khususnya di jalur yang sempit dan berbahaya bagi pengendara.

"Jangan bergerak setelah ada banyak masyarakat yang menjadi korban kecelakaan akibat jalan rusak itu. Langsung pantau dan perbaiki, serta rambu-rambu lalu lintasnya dibenahi juga agar masyarakat aman melintasinya," demikian Heriansyah.