Nah! Bupati Akui Koordinasi Antar OPD di Kotim Menurun, Karena Hal Ini

id Supian Hadi, pemkab kotim, Bupati Supian Hadi Akui Koordinasi Antar OPD di Kotim Menurun

Nah! Bupati Akui Koordinasi Antar OPD di Kotim Menurun, Karena Hal Ini

Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi (Foto : Instagram Supian Hadi Shd 27)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi mengakui ada penurunan kualitas koordinasi antar organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Kotim.

"Pada periode dua kepemimpinan saya bersama Wakil Bupati HM Taufiq Mukri, saya mengakui menurunnya koordinasi antarinstansi. Ini harus menjadi perhatian, jangan sampai saling lempar tanggung jawab ketika ada permasalahan," kata Supian di Sampit, Jumat.

Dari hasil evaluasi, Supian menyebut sudah beberapa kali muncul masalah akibat kurangnya koordinasi antar satuan organisasi perangkat daerah. Masyarakat menjadi bingung dan kecewa lantaran keluhan mereka tidak dijawab dengan perbaikan, malah instansi terkait terkesan saling lempar tanggung jawab.

Sangat wajar jika ada hasil yang belum maksimal sesuai harapan masyarakat. Namun instansi manapun yang ada keterkaitan dengan keluhan masyarakat, harus segera menindaklanjuti keluhan itu dengan melakukan perbaikan dan berkoordinasi dengan instansi lain jika memang ada keterkaitan.

Beberapa masalah yang pernah muncul di antaranya terkait penanganan sampah, penataan pedagang kecil dan lainnya. Setiap instansi harus mengenyampingkan perdebatan terkait kewenangan karena yang terpenting bagi masyarakat adalah bagaimana koordinasi yang baik antarinstansi sehingga masalah itu bisa selesai.

Menurunnya koordinasi antarinstansi ini juga menjadi salah satu masalah yang disoroti dan ditekankan Supian saat melantik 237 pejabat pada Kamis (27/7) sore. Dia meminta seluruh aparatur sipil negara meningkatkan kinerja, khususnya pejabat yang baru dilantik untuk meningkatkan koordinasi agar kinerja pemerintahan lebih maksimal.

"Kalau ada masalah atau keluhan masyarakat, segera koordinasikan dengan instansi lain yang terkait. Jangan menunggu masyarakat ribut, baru bergerak. Harus cepat tanggap. Masalah seperti itu tidak perlu harus menunggu peringah. Justru harus berinisiatif," kata Supian.

Supian bertekad untuk terus bekerja keras hingga akhir masa jabatannya pada 2021 mendatang. Meski ini merupakan periode ke dua atau terakhir, namun dia bertekad untuk terus berbuat lebih maksimal untuk pembangunan daerah dan masyarakat Kotawaringin Timur.