Penjual Bendera "Merah Putih" Mulai Bermunculan di Seruyan

id seruyan, penjualan bendera, Penjual Bendera Mulai Bermunculan di Seruyan

Penjual Bendera "Merah Putih" Mulai Bermunculan di Seruyan

Penjual Bendera - (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Penjual bendera merah putih mulai bermunculan Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, menjelang peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2017.

"Saya selalu memanfaatkan momen perayaan kemerdekaan dengan berjualan bendera, karena menjelang agustusan biasanya masyarakat memerlukan bendera," kata salah satu penjual bendera Nanang Lukman di Kuala Pembuang, Sabtu.

Nanang, pria asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengaku sudah beberapa tahun menjadi penjual bendera musiman dengan mendatangi daerah atau lokasi yang berbeda-beda dan dianggapnya strategis.

"Biasanya menjelang Agustus, penjual bendera juga banyak, karena itu saya keliling mencari tempat yang mungkin pembelinya banyak, dan tahun ini pertama kali saya berjualan di Kuala Pembuang," katanya.

Pria berusia 43 tahun ini menjelaskan, barang dagangan berupa bendera dengan berbagai bentuk dan ukuran dibawa langsung dari Bandung.

"Harga bendera beragam, mulai dari Rp50 ribu untuk bendera ukuran 180 cm dan Rp35 ribu untuk bendera ukuran 150 cm," katanya.

Selain bendera, ia juga menjual bendera untuk hiasan dinding atau background serta umbul-umbul dengan harga bervariasi, yakni Rp350 ribu untuk bendera "background" dengan panjang 10 meter, sedangkan umbul-umbul dengan panjang tiga meter dijual Rp25 ribu.

Ia menambahkan, selama beberapa hari berjualan sudah ada yang membeli, dan biasanya pembelian mulai meningkat ketika beberapa hari menjelang 17 Agustus.

"Hasil keuntungan dari berjualan bendera cukup mengembalikan modal dan menambah keperluan sehari-hari," katanya.