Garuda Gunakan 14 Pesawat Layani Haji, Ini Imbauan Bagi Calon Penumpang

id haji, garuda indonesia, jamaah haji

Garuda Gunakan 14 Pesawat Layani Haji, Ini Imbauan Bagi Calon Penumpang

Salah satu jenis pesawat dari PT Garuda Indonesia yang digunakan untuk melayani jamaah haji 2017. (ANTARANEWS/ Fitri Supratiwi)

Makassar (Antara Kalteng) - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk melayani penerbangan haji 2017/1438 Hijriah dengan menggunakan 14 pesawat berbadan lebar, masing-masing tiga Boeing 747-400, lima  Boeing 777-300 ER, dan enam Airbus 330-300.  
   
"Sebelas di antaranya adalah pesawat sendiri, dan tiga lainnya pesawat sewaan," kata Pelaksana Harian Vice President Corporate Secretary PT Garuda Indonesia Tbk Hengki Heriandono dalam keterangan persnya, Minggu.

Jumlah pesawat yang dioperasikan pada musim haji tahun 2017  disesuaikan dengan peningkatan trafik angkutan jamaah pada tahun 2017/1438H ini.

Selain itu, Garuda Indonesia pada tahun ini juga meningkatkan jumlah awak kabin haji menjadi 558 awak kabin (sebelumnya 442 awak kabin), dimana 57 persen diantaranya merupakan putra-putri daerah.

Pada musim haji tahun ini Garuda Indonesia merekrut awak kabin dari daerah-daerah embarkasi untuk mengatasi kendala komunikasi (bahasa), mengingat sebagian jamaah hanya mampu berbahasa daerah.

"Untuk keamanan dan kenyamanan, Garuda Indonesia mengimbau agar  jamaah agar tidak membawa barang-barang berbahaya (dangerous goods) ke pesawat," kata Hengki.

Barang berbahaya itu, antara lain, kompor minyak, LPG, korek api, senjata tajam, gunting panjang, hair spray atau parfum dalam tabung semprot, dan lain-lain.

Bila membawa barang barang elektronik, maka baterainya juga harus dilepas. Garuda Indonesia juga meminta jamaah agar tidak menerima titipan barang dalam bentuk apapun dari orang lain untuk dibawa ke dalam pesawat.

Hal ini perlu diingatkan kembali untuk mencegah perbuatan pihak- pihak tertentu yang dapat mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan.

Jamaah juga diharapkan  mematuhi ketentuan yang disepakati antara Departemen Agama dan Garuda Indonesia, yaitu tidak membawa barang bawaan yang melebihi berat 32 kg, baik saat keberangkatan menuju Jeddah atau Madinah maupun kepulangan ke Tanah Air.     
  
Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi tentang jadwal keberangkatan dan kepulangan penerbangan haji, Garuda Indonesia juga menyiapkan informasi di laman www.haji-ga.com yang dapat diakses oleh masyarakat.