Kodim Sampit Tanamkan Nasionalisme Lewat Seni Budaya

id Kodim Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa, Kodim Sampit Tanamkan Nasionalisme Lewat Seni Budaya

Kodim Sampit Tanamkan Nasionalisme Lewat Seni Budaya

Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa memberikan hadiah kepada juara lomba seni tari daerah dan baca puisi, Senin (31/7/2017). (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Komando Distrik Militer 1015 Sampit, Kalimantan Tengah, menyiapkan berbagai cara untuk terus menanamkan rasa nasionalisme kepada generasi muda, di antaranya melalui seni dan budaya.

"Dengan mencintai seni dan budaya daerah, diharapkan dapat menambah rasa kecintaan generasi muda terhadap bangsa dan negara. Ini juga akan menjadi kekuatan bagi pemuda untuk membentengi diri dari pengaruh negatif dari luar," kata Komandan Kodim 1015 Sampit, Letkol Infanteri I Gede Putra Yasa di Sampit, Senin.

Kemajuan teknologi yang tidak terbendung, membuat pengaruh negatif budaya dari luar dengan mudah masuk. Dengan membentengi generasi muda dengan wawasan kebangsaan dan nasionalisme, harapannya mereka bisa menyaring dan tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal yang dapat memecah belah persatuan bangsa dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal itulah yang mendasari Kodim 1015 Sampit kembali menggelar lomba seni tari daerah dan baca puisi pada 27 dan 28 Juli lalu. Acara ini digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI pada Oktober nanti.

Kegiatan ini disambut antusias kalangan pelajar, terlihat dari peningkatan jumlah peserta dibanding tahun lalu. Tercatat sebanyak delapan SMA dan sepuluh SMP sederajat yang mengirimkan utusan mengikuti lomba seni tari daerah dan baca puisi.

Setelah melalui persaingan ketat, terpilih juara masing-masing lomba. Juara lomba tari daerah untuk tingkat SMA yakni juara I SMAN 2 Sampit, juara II SMKN 1 Sampit dan juara III adalah SMK Bakti Mulia Sampit. Sedangkan untuk tingkat SMP, juara I adalah MTsN Sampit, juara II SMPN 3 Sampit dan juara III SMP Kristen Santo Albertus.

Juara lomba baca puisi tingkat SMA, juara I atas nama Rinjani dari SMAN 3 Sampit, juara II atas nama Karina Ayu Sasabeila dari SMKN 2 Sampit dan juara III yakni Annisa Kharisma Suryady dari SMKN 4 Sampit. Sedangkan untuk tingkat SMP, juara I atas nama Syirin Nur Khofifah dari SMPN 4 Sampit, juara II Martiannada Khasanah dari SMPN 3 Sampit dan juara III Bagas Aji Prasetyo dari MTsN Sampit.

"Lomba ini juga untuk lebih meningkatkan jiwa nasionalisme dan kepahlawanan kepada generasi muda kita sebagai penerus bangsa sekaligus menumbuhkan rasa cinta tanah air pada generasi muda yg dimulai dari usia dini. Harapannya, generasi muda kita dapat menjadi generasi hebat yang dapat meneruskan perjuangan para pahlawan bangsa ini, sehingga bangsa kita akan menjadi bangsa pemenang dalam pergaulan dunia," harap Putra Yasa.

Senin pagi, Putra Yasa menyerahkan hadiah kepada seluruh pemenang lomba. Juara masing-masing lomba akan dikirim mengikuti lomba serupa di tingkat Korem 102 Panju-Panjung di Palangka Raya. Jika berhasil menjadi juara, akan diikutkan lagi ke tingkat Kodam.