Ingat! Tidak Benar Makanan Sehat Mengandung Semua Zat Gizi, Ini Penjelasannya

id makanan, zat gizi, Tidak Benar Makanan Terkandung Semua Zat Gizi, Ini Penjelasannya

Ingat! Tidak Benar Makanan Sehat Mengandung Semua Zat Gizi, Ini Penjelasannya

Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta (Antara Kalteng) - Ahli kesehatan menegaskan tidak ada satu pun makanan yang mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh, karena masing-masing memiliki nutrisinya sendiri-sendiri.

"Tidak ada satu pun makanan yang super, mengandung semua zat gizi. Ada kelompok pangan tertentu misalnya yang sudah mengandung mikronutrien," ujar spesialis gizi dari Rumah Sakit Pelni, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, SpGK dalam talk show "Pangan Aman Hidup Sehat" di Jakarta, Selasa.

Susu misalnya, memang dianggap sebagai sumber lengkap kandungan makronutrien dan mikronutrien. Namun tentu saja, tak semua kebutuhan nutrisi terpenuhi hanya dengan mengonsumsi susu. 

"Pangan yang dianggap kaya itu susu. Ada kombinasi vitamin B, K, Kalsium yang berperan untuk pertumbuhan. Lalu B12 untuk metabolisme tubuh, menghasilkan energi," tutur Juwalita.

Perlu diingat, seseorang membutuhkan karbohidrat, vitamin, protein, lemak ditambah sedikit asupan gula dan garam. Oleh karenanya asupan makanan yang beragam menjadi penting.

"Variasikan makanan. Ingat apakah makanan yang kita konsumsi sesuai kebutuhan makronutrien dan mikronutrien kita," kata Juwalita.

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2010 menunjukkan kualitas protein yang dikonsumsi rata-rata masyarakat Indonesia masih rendah.

Hal ini karena ketidakseimbangan antara konsumsi protein hewani seperti susu, ayam, ikan, dan telur, serta protein nabati.