Barcelona Konfirmasi Mengenai Kepindahan Neymar ke PSG

id Barcelona, Neymar, PSG, Barcelona Konfirmasi Mengenai Kepindahan Neymar ke PSG

Barcelona Konfirmasi Mengenai Kepindahan Neymar ke PSG

Pemain Barcelona Neymar. (REUTERS / Gustau Nacarino)

Madrid (Antara Kalteng) - Neymar Jr meninggalkan FC Barcelona, klub Katalan tersebut mengonfirmasi pada Rabu, ketika laporan radio mengatakan bahwa penyerang Brazil itu yang nilai buy-out-nya mencapai 22 juta euro pindah ke tim Prancis Paris St Germain (PSG). 

Ia tiba di lapangan latihan Barcelona pada Rabu untuk mengatakan kepada rekan-rekan setimnya bahwa ia pindah ke Paris, demikian dilaporkan radio Katalan RAC1. Sang penyerang Brazil itu meninggalkan area latihan beberapa menit kemudian, katanya. 

Neymar meneken kontrak baru di Barcelona yang berlaku sampai 2021 pada Oktober, dimana klausa "buy-out" dia naik sampai lebih dari dua kali lipat biaya transfer terbesar sepanjang sejarah sepak bola. 

Kepindahannya ke PSG telah disebut-sebut sejumlah media Eropa, namun belum dapat diselesaikan.  

Pada wawancara yang dipublikasi pada Rabu, presiden Liga Sepak Bola Nasional, Javier Tebas, mengatakan liga tidak akan menerima pembayaran dari PSG karena memicu klausa pelepasan.  

Hal itu potensial untuk melanggar peraturan Financial Fair Play UEFA, ucapnya kepada surat kabar olahraga Spanyol AS. Namun Sky Sport News melaporkan bahwa sumber UEFA mengatakan Liga Spanyol tidak memiliki kekuatan untuk merintangi transfer itu, yang merupakan urusan antarklub. 

UEFA belum dapat dimintai keterangan oleh Reuters terkait masalah ini. 

Di bawah peraturan fair play di mana Andrea Traverso, yang merupakan pemimpin proyek FFP, pada pekan lalu pernyataannya dikutip surat kabar Italia Gazetta dello Sport yang menuturkan bahwa PSG saat ini merupakan klub yang alokasi gajinya tidak boleh melewati 70 persen pemasukannya. 

550.000 euro per pekan? 

Barcelona mencuit tidak lama setelah laporan radio itu bahwa Neymar tidak berlatih pada Rabu dengan izin dari pelatih. 

Pada cuitan lain yang terbatas pada pers olahraga, klub mengatakan ia hengkang namun tidak memberi detail lebih lanjut. Cuitan itu dikonfirmasi oleh juru bicara kepada Reuter.  

Sumber-sumber media di seantero Eropa melaporkan bahwa Neymar kini akan menuju ke Paris untuk meneruskan negosiasi-negosiasi pada kontrak berdurasi enam tahun yang bernilai lebih dari 550.000 euro per pekan. Pemain 25 tahun ini baru kembali ke Spanyol pada Selasa setelah perjalanan ke China dan Timur Tengah. 

Neymar begitu aktif di media sosial, berbagi kutipan Perjanjian Baru (Filipi 4:11) di Instagram yang berkata "Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan".  

"Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan." 

 Juru bicara PSG menolak berkomentar.  

Neymar direkrut Barcelona dari klub Brazil Santos dengan transfer senilai 57,1 juta euro, meski belakangan terungkap bahwa biaya transfer sebenarnya mendekati 100 juta euro, demikian Reuters melaporkan.