Pemkab Seruyan Canangkan Kampung Merah Putih

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Pemkab Seruyan Canangkan Kampung Merah Putih

Pemkab Seruyan Canangkan Kampung Merah Putih

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang, 2/8 (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, akan mencanangkan Kampung Merah Putih sebagai upaya membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme di kabupaten tersebut.

"Desa yang rencananya akan dicanangkan sebagai Kampung Merah Putih pada Minggu (6/8) nanti adalah Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia mengatakan, pencanangan Kampung Merah Putih di "Bumi Gawi Hatantiring" merupakan tindak lanjut dari imbauan Presiden Joko Widodo untuk membangkitkan semangat merah putih atau semangat kebangsaan, perjuangan dan kebhinekaan di seluruh tanah air.

"Jadi kita ingin wujudkan semangat itu dengan menjadikan Desa Sungai Bakau sebagai ikon merah putih di Seruyan," katanya.

Ia menjelaskan, usai kegiatan pencanangan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan bekerjasama dengan kepolisian, TNI, sejumlah komunitas dan masyarakat akan melakukan gotong royong mengecat berbagai fasilitas di Desa Sungai Bakau dengan warna merah putih.

"Mulai trotoar hingga atap rumah warga akan kita cat dengan warna merah putih," katanya.

Menurutnya, Pemkab Seruyan sengaja memilih Desa Sungai Bakau untuk dicanangkan sebagai Kampung Merah Putih, karena Desa Sungai Bakau merupakan desa wisata yang selama ini sudah dikenal luas dan banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah, sehingga saat mengunjungi Desa Sungai Bakau semangat kebangsaan, perjuangan dan kebhinekaan masyarakat akan tumbuh serta semakin kuat.

"Harapan ke depan Desa Sungai Bakau menjadi tujuan wisata yang semakin unik, bukan hanya menikmati keindahan pantai dan kampung nelayan, tapi ketika orang datang berkunjung maka rasa kebangsaan atau semangat merah putih dapat kembali bangkit dan bergelora," katanya.