Sip! Bupati Minta Kecamatan Promosi Produk Lokal di "Seruyan Expo 2017"

id Bupati Seruyan, Sudarsono, Bupati Minta Kecamatan Promosi Produk Lokal di Seruyan Expo 2017

Sip! Bupati Minta Kecamatan Promosi Produk Lokal di "Seruyan Expo 2017"

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Sudarsono meminta seluruh kecamatan berpartisipasi aktif memeriahkan "Seruyan Expo 2017" dengan mempromosikan produk lokal masing-masing.

"Saya sudah minta sepuluh kecamatan ikut Seruyan Expo 2017 ini. Keikutsertaan masing-masing kecamatan di ajang ini sangat penting, terutama untuk memperkenalkan berbagai produk yang telah dihasilkan masyarakatnya," katanya saat meninjau persiapan arena Seruyan Expo yang dipusatkan di Stadion Gagah Lurus Kuala Pembuang, Rabu.

Dalam expo yang digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-15 kabupaten tersebut, perwakilan masing-masing kecamatan akan memperkenalkan berbagai produk yang selama ini telah dihasilkan oleh masyarakat yang ada di wilayahnya, baik itu berupa barang kerajinan, kuliner, serta berbagai olahan lainnya.

"Sehingga kegiatan expo akan memberikan dampak positif terhadap dunia usaha masyarakat, karena lewat expo produk-produk yang dihasilkan masyarakat akan semakin dikenal secara luas," katanya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan expo diharapkan masyarakat akan termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk-produk yang dihasilkan, sehingga semakin bernilai ekonomis dan mampu bersaing dengan produk-produk dari daerah lain.

"Konsep expo tahun ini juga masih sama seperti tahun sebelumnya, dengan memanfaatkan kearifan lokal, yakni atap dan dinding stan pameran dari daun yang diolah oleh para perajin sehingga perajin juga dapat menikmati event ini," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian dan UMKM Seruyan Laosma Purba mengatakan, sesuai jadwal Seruyan Expo 2017 akan digelar dari 4-12 Agustus dipusatkan di Stadion Gagah Lurus Kuala Pembuang.

"Saat ini persiapan sudah 80 persen, dan kita akan menyediakan sekitar 75 stan pameran yang akan diisi oleh organisasi perangkat daerah, kecamatan dan masyarakat umum," katanya.

Ia menambahkan, Seruyan Expo digelar bukan hanya untuk memperkenalkan produk yang telah dihasilkan masyarakat, akan tetapi juga untuk memperkenalkan berbagai potensi wilayah yang selama ini belum tergali maksimal.

"Dengan adanya informasi mengenai potensi daerah, mudah-mudahan ada investor yang tertarik untuk mengembangkan usahanya sehingga perekonomian Seruyan akan terus tumbuh, dan masyarakatnya menjadi lebih sejahtera," katanya.