Simak Ini! Kebiasaan Salah Saat Konsumsi Air Putih

id Air Putih, kebiasaan salah, Kebiasaan Salah Saat Konsumsi Air Putih

Simak Ini! Kebiasaan Salah Saat Konsumsi Air Putih

Ilustrasi (republika.co.id)

Jakarta (Antara Kalteng) - Asupan air yang cukup menjadi kebutuhan tubuh semua orang. Namun, sadarkah Anda ada sejumlah cara yang mungkin menjadi kebiasaan, namun sebenarnya salah saat mengosumsi zat itu?

Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir Boldsky: 

1. Minum berlebihan
Kalau Anda memaksa diri meminum satu galon air dalam sehari, berarti Anda minum terlalu banyak. Bukannya sehat, Anda justru bisa mengalami overhidrasi atau kelebihan cairan. 

2. Tak sadar kalau air juga berasal dari makanan padat
Tahukah Anda kalau 20 persen kebutuhan air harian kita bisa berasal dari makanan padat semisal buah dan sayuran? Tak melulu air, Anda bisa menghidrasi tubuh dengan buah dan sayuran yang mengandung banyak air, misalnya timun yang memiliki 96,7 persen. 

3. Menghindari kafein
Kafein bisa meningkatkan metabolisme karena mengandung  diuretik. Kopi merupakan sumber air yang bagus dan juga memberi tubuh Anda antioksidan peradangan.

4. Minum terlalu banyak sebelum tidur
Jika Anda minum air terlalu banyak sebelum tidur, Anda bisa sering bangun di malam hari untuk buang air kecil. Sebaiknya berhenti minum setidaknya satu jam sebelum tidur. 

5. Berhenti minum dari botol plastik
Anda perlu berhenti minum air dari botol plastik. Botol mengandung bisophenol A, zat kimia yang bisa berdampak buruk pada kesuburan pria dan wanita, serta berpotensi menyebabkan kanker. 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa