Setuju! Orang Tua Harus Batasi Anak Gunakan "Gadget"

id Pemkot Palangka Raya, Tiur Simatupang, Orang Tua Harus Batasi Anak Gunakan Gadget

Setuju! Orang Tua Harus Batasi Anak Gunakan "Gadget"

Kepala Dinas Kesehatan Kota, Tiur Simatupang. (FOTO ANTARA Kalteng/Rendhik Andika)

orang tua harus mampu mengatasi berbagai dampak negatif dan mengontrol penggunaan benda teknologi seperti gadget khususnya pada anak usia dini,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Tiur Simatupang meminta orang tua membatasi penggunaan gawai atau gadget oleh anak-anak.

"Penggunaan 'gadget' bisa mempengaruhi perkembangan anak dan sekelilingnya. Saya juga prihatin, sebagian anak semakin cuek dengan lingkungan sekitarnya. Akibat terlalu asyik anak mengabaikan teman di sampingnya," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Menurut Tiur, pengenalan gadget pada anak usia dini pada dasarnya mempunyai sisi positif dalam menunjang pengetahuan pembelajaran dasar pada anak, namun ada juga sisi negatif yang harus diperhatikan secara seksama.

Dia mengatakan, penggunaan telepon genggam atau gawai dapat menyebabkan anak malas belajar dan membuat anak lebih senang menyendiri serta tidak suka berkumpul dengan teman sebaya mereka.

Selain itu, pengenalan perangkat komunikasi dan teknologi canggih yang terlalu dini dan tidak terkendali dapat mempengaruhi perkembangan peningkatan aktivitas motorik anak.

Untuk itu, kontrol dari orang tua sangat diharapkan dalam pengenalan gawai sehingga resiko meningkatnya rasa individualis anak dapat diminimalkan.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan "Kota Cantik" Palangka Raya ini mengatakan sampai saat ini juga banyak kasus akibat penggunaan gadget berdampak pada peningkatan prevalensi gangguan penglihatan pada anak.

Ia mengungkapkan, pemeriksaan pada siswa SD yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada 2016 di beberapa daerah Indonesia menunjukan 20 persen sampai 25 persen anak mengalami gangguan mata.

"Maka orang tua harus mampu mengatasi berbagai dampak negatif dan mengontrol penggunaan benda teknologi seperti gadget khususnya pada anak usia dini," katanya.