DPRD Kotim Berharap Pencak Silat Mampu Torehkan Prestasi

id DPRD Kotim, Sanidin, DPRD Kotim Berharap Pencak Silat Mampu Torehkan Prestasi

DPRD Kotim Berharap Pencak Silat Mampu Torehkan Prestasi

IPSI Kotim menggelar seleksi daerah pencak silat sebagai persiapan menghadapi Porprov Kalteng 2018. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, berharap olahraga pencak silat mampu menorehkan prestasi membanggakan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah 2018 di Kabupaten Barito Utara.

"Kami mengimbau seluruh perguruan pencak silat mempersiapkan diri menghadapi Porprov 2018 nanti. Sampai saat ini memang belum ada konfirmasi kapan persisnya waktu pelaksanaannya, tapi kita harus sudah mempersiapkan diri," kata anggota DPRD Kotawaringin Timur, Sanidin di Sampit, Jumat.

Politikus yang juga Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kotawaringin Timur ini berharap prestasi olahraga cabang pencak silat bisa terus ditingkatkan. Potensi atlet-atlet pencak silat yang ada di daerah ini sangat bagus dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Saat ini sedang dilakukan seleksi atlet terbaik untuk masing-masing kategori. Dua bulan mendatang rencananya akan dilaksanakan seleksi tahap akhir untuk memilih atlet yang dinilai layak mewakili Kotawaringin Timur pada Porprov Kalimantan Tengah 2018 nanti.

Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga yang sering menyumbangkan medali emas bagi kontingen Kotawaringin Timur. Tidak berlebihan jika cabang ini mendapat perhatian serius dengan harapan bisa mempersembahkan banyak medali yang lebih banyak lagi saat Porprov nanti.

Selama ini, atlet-atlet pencak silat Kotawaringin Timur selalu diperhitungkan oleh atlet dari daerah lain. Pembinaan yang bagus membuat tradisi mempersembahkan medali diharapkan tetap bertahan.

"Seperti saat mengikuti event di Yogyakarta mewakili Provinsi Kalimantan Tengah, dari tujuh atlet Kotawaringin Timur yang dikirim, semuanya berhasil mendapat medali, yaitu dua medali emas, dua medali perak dan tiga medali perunggu," kata Sanidin.

Tercatat ada 60 pesilat dari enam perguruan pencak silat di Kotawaringin Timur yang mengikuti seleksi yang saat sedang berlangsung di Sampit. Seleksi ini diharapkan berjalan lancar dan sportif sehingga menghasilkan atlet terbaik yang dapat mengharumkan nama Kotawaringin Timur melalui prestasi yang diraih.