Legislator Imbau Calon Haji Jaga Kesehatan

id DPRD Palangka Raya, Abdul Hayie, Legislator Imbau Calon Haji Jaga Kesehatan

Legislator Imbau Calon Haji Jaga Kesehatan

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Abdul Hayie. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Sikap, fisik dan mental yang dibalut dalam jiwa yang sehat menjadi sangat penting, karena tujuan ke sana adalah menunaikan ibadah dan menjadi haji yang mabrur,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Abdul Hayie mengimbau jamaah calon haji daerah itu untuk menjaga kesehatan selama menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekah.

"Seluruh jamaah agar selalu menjaga kesehatannya dari sekarang sampai nanti saat menjalankan haji. Apalagi ibadah tersebut termasuk ibadah yang juga memerlukan kekuatan dan ketahanan fisik," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Menurut politisi PPP itu, menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar jamaah dalam menunaikan rukun Islam tersebut menjadi khusuk.

"Saat ini kurangi beraktivitas yang tidak diperlukan dan perbanyak olah raga serta minum air putih dan vitamin. Saat di sana juga jangan hilangkan kebiasaan menjaga pola hidup sehatnya," katanya.

Anggota Komisi B DPRD "Kota Cantik" Palangka Raya inipun mengimbau jamaah agar selalu mematuhi seluruh arahan dan petunjuk petugas serta tak sungkan bertanya ketika ada hal yang belum jelas atau belum diketahui.

Sementara itu, para petugas haji juga diminta bekerja maksimal dan profesional sehingga mampu mengantarkan jamaah melaksanakan ibadah haji dengan khusyu`.

Sementara itu, calon haji asal Kota Palangka Raya ini berjumlah 247 calon jamaah yang terdiri dari 134 wanita dan 113 pria. Tercatat sebagai calon haji usia tertua tercatat berumur 81 tahun atas nama Abdul Muis, sementara usia termuda 30 tahun bernama Jainatunnisa.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio sesaat sebelum pembukaan manasik haji meminta calon haji kota setempat menjaga kesehatan jasmani maupun rohani sejak persiapan hingga saat melaksanakan ibadah haji.

"Sikap, fisik dan mental yang dibalut dalam jiwa yang sehat menjadi sangat penting, karena tujuan ke sana adalah menunaikan ibadah dan menjadi haji yang mabrur," katanya.