Bupati Sudarsono Canangkan Sungai Bakau jadi Kampung Merah Putih

id Bupati seruyan, Sudarsono, Sungai Bakau. Kampung Merah Putih

Bupati Sudarsono Canangkan Sungai Bakau jadi Kampung Merah Putih

Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah, Sudarsono mencanangkan Desa Sungai Bakau, Kecamatan Seruyan Hilir Timur sebagai Kampung Merah Putih, Minggu.

"Pencanangan Kampung Merah Putih ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk membangkitkan rasa nasionalisme dan patriotisme di Seruyan," katanya.

Orang nomor satu di "Bumi Gawi Hatantiring" mengatakan, pencanangan Desa Sungai Bakau sebagai Kampung Merah Putih merupakan tindak lanjut dari imbauan Presiden Joko Widodo untuk membangkitkan semangat merah putih atau semangat kebangsaan, perjuangan dan kebhinnekaan di seluruh tanah air.

"Ini juga untuk menyemarakkan bulan Agustus sebagai Bulan Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI," katanya.

Bupati yang terpilih lewat jalur perseorangan ini menambahkan, Pemkab Seruyan sengaja memilih Desa Sungai Bakau untuk dicanangkan sebagai Kampung Merah Putih, karena Desa Sungai Bakau merupakan desa wisata yang selama ini sudah dikenal luas dan banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah, sehingga saat mengunjungi Desa Sungai Bakau semangat kebangsaan, perjuangan dan kebhinnekaan masyarakat akan tumbuh serta semakin kuat.

Usai pencanangan, Bupati Seruyan beserta sejumlah pejabat dan Aparatur Sipil Negara dibantu Kepolisian Resor Seruyan, TNI, pelajar dan juga masyarakat setempat kemudian bergotong royong mengecat berbagai fasilitas di Desa Sungai Bakau dengan warna merah putih.

"Harapan ke depan Desa Sungai Bakau menjadi tujuan wisata yang semakin unik, bukan hanya menikmati keindahan pantai dan kampung nelayan, tapi ketika orang datang berkunjung maka rasa kebangsaan atau semangat merah putih dapat kembali bangkit dan bergelora," katanya.