Pembukaan Festival Seni Budaya Lamandau Meriah

id festival pariwisata seni dan budaya lamandau, bupati lamandau

Pembukaan Festival Seni Budaya Lamandau Meriah

Bupati Lamandau Ir Marukan didampingi para pejabat dari forum komunikasi pimpinan daerah pada saat pembukaan Festival Pariwisata seni dan budaya Lamandau, Selasa. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antara Kalteng) - Pembukaan festival pariwisata, seni dan budaya yang digelar Pemerintah Kabupaten Lamandau dari tanggal 8 sampai 12 Agustus 2017 berlangsung meriah dan menyita perhatian ribuan masyarakat setempat.
     
Festival tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lamandau Marukan dan turut dihadiri Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Kajari, Sekda, Wakapolres Lamandau dan beserta seluruh Kepala SKPD di di lapangan Kartawana Nanga Bulik, Selasa sore.
    
"Kita patut bersyukur festival pariwisata seni dan budaya daerah tetap konsisten sebagai pesta rakyat. Saya sangat berharap, kedepan festival seni dan budaya daerah ini tidaklah hanya menampilkan kreatifitas seni dan budaya saja, tapi juga pertunjukan kontemporer," kata Bupati Marukan.
     
Kontemporer merupakan langkah positif agar sebuah seni dan budaya tidak monoton, melainkan tetap terus tumbuh dan berkembang. Sebab, di era globalisasi sekarang ini,  memelihara identitas budaya dihadapkan pada persoalan-persoalan yang rumit sehingga terkadang apa yang diinginkan dan dicita-citakan tidak sesuai dengan harapan.
     
Mantan dosen di Universitas Palangka Raya ini juga mengajak agar semua pihak membangun kesadara multikultural yang melampaui batas-batas identitas dari kabupaten Lamandau
     
"Mari kita mempersembahkan pada bangsa ini sebuah warna-warni budaya yang indah. Warna-warni yang menjembatani harmoni diantara kebudayaan dan umat manusia yang berbeda-beda" ucap Marukan.
     
Bupati Lamandau ini pun berharap festival pariwisata seni dan budaya daerah kabupaten Lamandau ini sebagai ajang untuk menggali dan mengembangkan bakat, prestasi dibidang senu budaya daerah, dan budaya Nasional sekaligus memberikan hiburan dan tontonan yang menarik bagi masyarakat Kabupaten Lamandau.
     
Pelaksanaan Tugas (Plt) Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau Frans Efendi yang juga Ketua Panitia pelaksana mengatakan maksud dan tujuan dari festival ini adalah, memperkenalkan berbagai ragam seni dan budaya yang ada di Kabupaten lamandau.
     
"Memperkenalkan kearifan lokal, sarana pembinaan generasi muda untuk melestarikan nilai budaya agar lebih kreatif lagi, sehingga dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam aktivitas seni budaya untuk mewujudkan aktivitas kesenian dan kebudayaan sebagai media promosi dan pemersatu bangsa," kata Frans.