Wabup Minta Orang Tua Lebih Memperhatikan Perkembangan Anak

id Gunung Mas, Layak Anak, Kuala Kurun, Rony Karlos

Wabup Minta Orang Tua Lebih Memperhatikan Perkembangan Anak

Wakil Bupati Kabupaten Gunung Mas, Rony Karlos saat melempar kuis erhadiah kepada anak-anak pada peringatakan hari anak di GPU Damang Batu, Rabu (9/8/17) pagi. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Gunung Mas Rony Karlos meminta kepada seluruh orang tua untuk lebih memperhatikan kondisi perkembangan anaknya. Hal itu mengingat pembentukan karakter anak biasanya berperangurh besar pada lingkungan keluarga.

"Pembetukan karakter anak tidak hanya tugas guru di sekolah, tapi peranan orang tua di lingkungan keluarga sangat besar. Makanya sejak usia dini, anak-anak harus diberikan pemahaman norma-normal sosial yang baik," katanya, di Kuala Kurun, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini gerakan pendidikan berkarakter juga telah dicanangkan oleh pemerintah pusat, sehingga pemerintah kabupaten juga harus mendukung dalam rangka mensukseskan program tersebut.

Menurutnya, keluarga merupakan bagian emas untuk meletakan pengetahuan terkait etika, norma dan sopan santun. Sebagai pondasi anak, agar kelak ketika beranjak dewasa sang anak dapat menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya pemenuhan kebutuhan anak. Mulai dari pemenuhan kebutuhan psikologis dengan memberikan kasih sayang penuh. Serta pemenuhan hak biologis dengan pemberian makanan bergizi.

"Dengan pemenuhan hak-hak anak diharapkan nantinya anak dapat hidup, tumbuh dan berkembang serta berpartisipasi secara optimal. Kemudian mengembangkan bakat dan kemampuannya dan membanggakan daerah," ungkapnya.

Dikatakannya, anak juga perlu mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan deskriminasi. Orang tua juga tidak diperbolehkan mengesploitasi anak. Contohnya dengan lebih menyuruh anaknya bekerja daripada melanjutkan pendidikan.

"Anak meruapakan aset bangsa sebagai penerus generasi serta cita-cita bangsa, setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, serta tumbuh kembang sesuai dengan usianya. Masa depan bangsa ini nantinya ada di tangan mereka," demikian Rony Karlos.