Transaksi Selama "Palangka Fair" Capai Rp3 Miliar

id Palangka Fair 2017, palangka Fair, palangka raya, Transaksi Selama Palangka Fair Capai Rp3 Miliar

Transaksi Selama "Palangka Fair" Capai Rp3 Miliar

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio mengatakan bahwa nilai transaksi selama lima hari "Palangka Fair" mencapai Rp3 miliar lebih.

"Sampai saat ini nilai transaksi selama `Palangka Fair` mencapai Rp3 miliar lebih. Angka ini terus bertambah karena data ini sampai saat acara penutupan, sementara stand yang ada masih belum tutup," katanya usai penutupan "Palangka Fair" di Stadion Sanaman Mantikei, Palangka Raya, Rabu malam.

Dia menambahkan, jumlah tersebut belum termasuk nilai transaksi simpanan masyarakat ke Bank Kalteng yang mencapai Rp2 miliar lebih.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT Pemerintah Kota Palangka Raya ke-52 dan HUT Kota Palangka Raya ke-60 itu diikuti 75 sebanyak peserta yang menempati gerai-gerai yang disediakan.

Selain itu pada kegiatan tersebut juga terlibat sekira 200-an UKM kuliner, permainan anak, hiburan rakyat, pedagang pakaian serta sejumlah pelaku UKM lain dari dalam maupun luar Kota Palangka Raya.

Sementara itu, di sisi lain sejumlah pengunjung mengeluhkan tingginya dan tidak konsistennya tarif parkir pada acara yang dilaksanakan 5-9 Agustus tersebut.

Dari tarif parkir resmi Rp2.000 untuk motor dan Rp3.000 untuk mobil. Ternyata tarif parkir motor saat malam pertama pembukaan "Palangka Fair" Rp3.000 dan saat malam penutupan menjadi Rp5.000 per motor.

"Terkait masalah itu tentunya pemerintah kota memiliki aturan yang jelas. Jika dipungut di luar ketentuan masyarakat bisa menolak," katanya.

Untuk itu, ke depannya Mofit meminta panitia penyelenggara melakukan antisipasi pelanggaran dengan melibatkan pihak terkait baik Polri, Dishub maupun Satpol PP.

"Ini juga akan menjadi koreksi dan bahan evaluasi bagi kami agar pelaksanaan `Palangka Fair` tahun mendatang semakin lebih baik lagi," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Palangka Raya, Afendie yang juga selaku panitia pelaksana acara.