Wakil Wali Kota Lepas Calon Haji Palangka Raya

id Wawali Kota, Mofit Saptono Subagio, Wawali Kota Lepas Calon Haji Palangka Raya

Wakil Wali Kota Lepas Calon Haji Palangka Raya

Wakil Wali Kota Palangka Raya, Mofit Saptono Subagio (tengah) saat secara simbolis memasangkan kain ikat kepada jamaah haji asal Palangka Raya saat pelepasan jamaah haji Palangka Raya, Jumat (11/8). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

...tercatat sebanyak 186 jamaah mengeluhkan kondisi kesehatan sisanya diketahui tidak ada keluhan,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Mofit Saptono Subagio melepas keberangkatan 247 calon jamaah haji asal kota tersebut di gedung pertemuan umum Palampang Tarung komplek Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jumat.

Ketua Panitia Penyelenggara Haji Kota Palangka Raya Rahmadi dalam laporannya mengatakan jamaah kota setempat yang diberangkatkan tahun 2017 bertambah 54 orang dari tahun 2016.

"Jamaah kita akan diberangkatkan dalam dua tahap yang terbagi dalam kloter 10 dan kloter 12," kata Rahmadi.

Dia menerangkan Kloter 10 yang berjumlah 79 jamaah akan mulai masuk ke Asrama Haji pada Sabtu (12/8) dan akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi melalui Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Minggu (13/8).

Sementara untuk Kloter 12 dengan jumlah 168 jamaah akan mulai masuk asrama haji pada Selasa (15/8) dan akan berangkat ke Jeddah, Arab Saudi melalui Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Rabu (16/8).

Jamaah tersebut terbagi atas 112 jamaah laki-laki dan 135 jamaah wanita. Dari sisi usia jamaah berusia antara 20-39 tahun sebanyak 33 orang, usia 40-59 tahun sebanyak 151 orang, usia 60-79 tahun 60 orang dan usia 80 tahun lebih sebanyak tiga orang, yang mana 16 di antara seluruh jamaah merupakan pensiunan.

"Dari seluruh jamaah, tercatat sebanyak 186 jamaah mengeluhkan kondisi kesehatan sisanya diketahui tidak ada keluhan," katanya.

Dia menerangkan dari 186 jamaah 85 orang terdeteksi mengidap hipertensi, 56 tercatat mengidap hipertensia, empat jamaah mengalami stroke, dua jamaah menggunakan kursi roda dan dua lainnya menggunakan tongkat.

Wakil Wali Kota Palangka Raya Mofit Saptono Subagio sesaat sebelum pembukaan manasik haji meminta calon haji kota setempat menjaga kesehatan jasmani maupun rohani sejak persiapan hingga saat melaksanakan ibadah haji.

"Sikap, fisik dan mental yang dibalut dalam jiwa yang sehat menjadi sangat penting, karena tujuan ke sana adalah menunaikan ibadah dan menjadi haji yang mabrur," katanya.

Kepala Kanwil Kemenag Kota Palangka Raya Baihaqi menambahkan bahwa setiap kloter terdiri atas 300 jamaah sehingga saat ini keberangkatan jamaah asal Kota Palangka Raya mengalami penggabungan dengan jamaah asal daerah lain.