Kamis, 17 Agustus 2017

Dukung Pemerintah Pusat dengan Manfaatkan Potensi Daerah

id Mugeni, Dukung Pemerintah Pusat dengan Manfaatkan Potensi Daerah, kalimantan tengah, kalteng
Dukung Pemerintah Pusat dengan Manfaatkan Potensi Daerah
Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kiri) menyerahkan surat keputusan Plt Sekda kepada Mugeni di Palangka Raya, Rabu (12/7/17). (Istimewa)
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Mugeni mengajak pemkab/pemko se-Kalteng memanfaatkan potensinya masing-masing untuk mendukung berbagai program yang digagas pemerintah pusat.

Pencapaian pembangunan nasional sangat memerlukan koordinasi dan keterlibatan dari semua pihak dengan mengintegrasikan prioritas yang dilaksanakan melalui kegiatan berbasis kewilayahan, kata Mugeni di Palangka Raya, Kamis.

"Ini perlu dilakukan agar pelaksana prioritas Pemerintah Pusat di daerah tidak mengalami kendala. Tidak hanya program nasional, tapi juga program daerah kalau tidak ada dukungan maka akan terkendala. Tentunya kebijakan yang dikeluarkan harus sinkron dengan daerah lain," tambahnya.

Dikatakan, guna mensinkronisasikan program, tentunya harus melalui Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). Kemudian di RKPD inilah yang dijadikan dasar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tiap tahun anggaran.

"Banyak yang wajib kita perhatikan dalam penyusunan anggaran. Tidak hanya sebagai pelaksanan program prioritas daerah, tapi bagaimana program prioritas nasional juga terlaksana," kata Mugeni.

Dia pun mengingatkan pemerintah kabupaten dan kota agar dalam penyusunan APBD wajib memerhatikan kebijakan pemerintah pusat khususnya yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019.

Jika melihat peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) nomor 33 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan ABPD 2018, bahwa penyusunan anggaran pada tahun anggaran tersebut tetap menganut prinsip kebutuhan penyelenggaraan yang menjadi kewenangan daerah dan selanjutnya harus efektif dan bertanggung jawab.

"Terpenting bagaimana anggaran daerah tidak sebatas mengutamakan pembangunan di wilayah setempat. Namun tak kalah penting, pelaksanan di daerah mampu mencakup semua aspek," demikian Mugeni. 

Editor: Ronny

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga