Polres Barut Kibarkan Bendera Merah Putih di Tugu Perbatasan Kalteng-Kaltim

id polres barut, kominfo dan persandian barut, m iman topik

Polres Barut Kibarkan Bendera Merah Putih di Tugu Perbatasan Kalteng-Kaltim

Merah Putih dikibarkan di perbatasan Kalimantan Tengah-Kalimantan Timur di Desa Tambaba Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Kabupaten Barito Utara. Pengibaran Merah Putih dipimpin langsung Kapolres Barito Utara, AKBP Tato Pamungkas Suyono, Sabtu. (Huma

Muara Teweh (Antara)- Polres Barito Utara bersama pemerintah kabupaten setempat melaksanakan Ekspedisi Merah Putih dengan melakukan pengibaran bendera merah putih di tugu perbatasan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.
    
"Pemkab Barito Utara sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya Ekspedisi Merah Merah Putih di perbatasan Kalteng-Kaltim tepatnya di Desa Tambaba Lampeong Kecamatan Gunung Purei," kata Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian setempat M Iman Topik, di Desa Tambaba Kecamatan Gunung Purei, Sabtu.
    
Menurut Topik  hal ini sebagai bentuk semangat patriotik dan heroisme dari pejuang-pejuang bangsa yang harus dilaksanakan, dipertahankan dan diimplementasikan dalam diri setiap warga negara bahkan kepada para generasi-generasi muda tanpa terkecuali.
    
Dengan semangat kemerdekaan, kata dia,  diharapkan generasi bangsa akan tumbuh dan berkembang menjadi bangsa yang tangguh dan handal yang pada gilirannya akan menjadi pejuang-pejuang bangsa dalam mengisi dan mempertahankan kedaulatan bangsa dan NKRI.
    
"Bupati Nadalsyah juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Barito Utara untuk selalu mengamalkan dan mempertahankan nilai-nilai perjuangan bangsa dari disintegrasi paham-paham radikal maupun paham-paham yang akan memecah belah kerukunan hidup warga masyarakat yang telah ada dalam kedamaian dan kerukunan sebagai wujud keragaman Bhineka Tunggal Ika," kata Topik.
    
Kapolres Barito Utara AKBP Tato Pamungkas Suyono yang bertindak sebagai inspekrur upacara saat pengibaran bendera merah putih tersebut mengatakan dalam sambutannya bahwa ekspedisi ini merupakan wujud nyata Pemkab Barito Utara bersama Polres Barito Utara, TNI dan warga masyarakat Barito Utara untuk selalu mengelorakan pekik perjuangan kemerdekaan RI yang harus selalu dipelihara, dijaga dan dilaksanakan dalam diri setiap warga negara tanpa terkecuali.
    
"Sebagai generasi bangsa yang dengan semangat merah putih bahwa keutuhan dan kedaulatan NKRI adalah harga mati," kata Tato.
    
Dalam kegiatan itu para peserta ekspedisi merah putih harus menempuh perjalanan jalan darat sepanjang 148 kilometer dengan  kondisi jalan  sebagian besar rusak  mengunakan motor trail yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Barito Utara Kompol Novianto Tarjono  dan Kepala Dinas Kominfosandi Kabupaten Barito Utara M Iman Topik bersama para perwira, bintara serta polisi wanita  Polres Barito Utara dengan semangat merah putih, juga diikuti Kapolsek Teweh Timur dan anggota serta ketua dan pengurus ranting Bhayangkari.