Waduh! Ternyata Kabupaten Seruyan Masih Jadi Sasaran Peredaran Narkoba

id Polres Seruyan, Kompol Agus Dwi Suryanto, Narkoba

Waduh! Ternyata Kabupaten Seruyan Masih Jadi Sasaran Peredaran Narkoba

wakapolres Seruyan Kompol Agus Dwi Suryanto didampingi Kabag Ops, Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba saat menunjukkan barang bukti sabu dan sejumlah barang bukti lain yang diamankan dari seorang warga Desa Handik Sohor. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Andr

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah masih menjadi sasaran peredaran narkoba, kata Wakil Kepala Kepolisian Resor Seruyan Kompol Agus Dwi Suryanto.

"Hal ini terlihat dari tingginya kasus peredaran narkoba yang berhasil terungkap," katanya di Kuala Pembuang, Senin.

Mantan Kabag Ops Polres Palangka Raya ini menjelaskan, dari sejumlah kasus yang berhasil terungkap, narkoba jenis sabu yang akan diedarkan di wilayah Seruyan dipasok dari luar daerah seperti dari Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kalimantan Barat.

"Bahkan seorang pengedar sabu lintas provinsi yang berhasil kita tangkap belum lama ini membawa langsung sabu dari Pontianak, Kalimantan Barat," katanya.

Menurut perwira menengah ini, tingginya kasus narkoba tersebut, membuat Polres Seruyan beserta jajaran harus lebih mengintensifkan upaya pengawasan dan penjagaan terhadap masuknya narkoba ke wilayah "Bumi Gawi Hatantiring".

Kemudian, untuk memberantas narkoba di Seruyan, Polres Seruyan akan memperkuat monitoring intelijen, memperluas jejaring informasi masyarakat, sosialisasi, serta penindakan hukum secara tegas kepada pengedar maupun bandar narkoba.

"Kepolisian telah berkomitmen untuk menumpas narkoba tanpa ampun, karena narkoba ini bukan hanya musuh polisi tapi juga sudah menjadi musuh negara," katanya.

Ia menambahkan, memberantas peredaran narkoba yang tergolong sebagai kejahatan transnational crime bukan perkara mudah. Selain kerja keras kepolisian juga diperlukan peran aktif masyarakat untuk bersama-sama memeranginya.

"Peran aktif dari masyarakat akan sangat membantu pihak kepolisian untuk memberantas peredaran narkoba di Seruyan, apapun informasi yang disampaikan berkenaan dengan peredaran narkoba ini, akan segera kami tindaklanjuti," katanya.