Anggota Paskibraka Sukamara Teladani Semangat Juang Pendiri RI, Kata Bupati

id paskibraka sukamara, bupati sukamara

 Anggota Paskibraka Sukamara Teladani Semangat Juang Pendiri RI, Kata Bupati

Bupati Sukamara H Ahmad Dirman saat memasangkan kendit pada anggota paskibraka. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara  (Antara Kalteng) - Bupati Sukamara Kalimantan Tengah H Ahmad Dirman mengatakan perwujudan nasionalisme bagi generasi penerus dan khususnya bagi paskibraka bukan hanya belajar dan memperdalam sejarah kebangsaan akan tetapi memaknai dan meneladani semangat kejuangan dari para pejuang dan pendiri republik ini.

"Perjuangan generasi muda termasuk didalammnya para paskibraka bukan lagi berjuang mempertaruhkan fisik atau nyawa, tetapi berjuang melawan hasrat dan keinginan diri terhadap pengaruh budaya luar yang negative," Kata Dirman saat mengukuhkan 66 orang paskibraka di Aula Kantor Bupati Sukamara, Selasa (15/8).

Menurutnya, kebersamaan, solidaritas dan persaudaraan yang telah dilakukan juga merupakan wujud lain dari cara menumbuhkan nasionalisme. Sedangkan sikap nasionalisme, faham dan semangat kebangsaan salah satunya diwujudkan melalui penghormatan kepada simbol kebangsaan dan negara, yakni bendera merah putih.

"Yang adik-adik pelajari, tekuni untuk selanjutnya diperagakan sebagai pasukan pengibar bendera pusaka pada HUT Proklamasi kemerdekaan ke -72 RI pada 17 Agustus 2017 nanti," pinta Dirman

Dikatakannya, sebagai anggota paskibraka, anggotanya harus mempunyai kebanggaan tersendiri karena telah berhasil melewati berbagai tahapan seleksi yang cukup ketat, dan tidak semua orang yang terpilih menjadi paskibraka dan itu patut disyukuri.

Menurut dia, dengan menjadi paskibraka dikenalkan pada semangat nasionalisme, kecintaan pada bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia raya dan tentu Indonesia sebagai bangsa dan negaranya, juga kesediaan, keikhlasan, dan keberanian dalam mengemban tugas tentunya harus dilandasi dengan rasa kecintaan kepada tanah tumpah darah Indonesia, serta tidak berhenti manakala peringatan 17 Agustus berakhir.

"Kita berharap paskibraka yang dikukuhkan ini dapat mengemban tugas dalam pengibaran bendera merah putih maupun saat penurunannya pada tanggal 17 Agustus 2017 nantinya,” harapnya.