Bupati Bartim Lantik 86 Kades Terpilih

id barito timur, pelantikan kades, bupati bartim, Ampera AY Mebas, Bupati Bartim Lantik 86 Kades Terpilih

Bupati Bartim Lantik 86 Kades Terpilih

Bupati Bartim Ampera AY Mebas bersama Wabup Suriansyah dan Sekda Ir Eskop serta unsur FKPD foto bersama kades yang baru dilantik di GPU Mantawara, Rabu (16/8/17). (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antara Kalteng) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas secara resmi melantik 86 Kepala Desa terpilih di GPU Mantawara, Rabu.

"Saya mengapresiasi atas pilkades yang berjalan sukses, aman, tertib dan lancar berkat bantuan aparat keamanan dan pihak panitia pilkades yang telah menjalankannya dengan sebaik-baiknya," kata Ampera.

Menurutnya, pelaksanaan pelantikan kades terpilih merupakan tindaklanjut dari Perbup nomor 2/2017 tentang  pedoman, pemilihan dan pengangkatan kades di Bartim.

Berkaitan Kades terpilih yang belum dilantik, Ampera mengharapkan permasalahan tersebut segera diaelesaikan.

"Pelantikannya hanya ditunda saja. Jika masalahnya telah selesai, maka akan dilakukan pelantikan," katanya. 

Menurut Ampera, dalam pilkades ada tim yang telah dibentuk Pemerintah Daerah yang salah satunya bertugas untuk melakukan verifikasi administrasi dan menyelesaikan sengketa pilkades.

Jika ada masalah, maka permasalahan tersebut akan ditampuh dan diselesaikan terlebih dahulu kemudian dilakukan pelantikan.

"Itu adalah tugasnya tim. Jika ada masalah hendaknya diselesaikan terlebih dahulu, baik ditingkat desa dan terakhir di tim saja," pungkasnya.

Pantauan Antara Kalteng, satu kades terpilih dari Desa Dayu tidak dilantik karena tersangkut masalah lainnya. Desa Dayu tetap dipimpin Pejabat Sementara hingga calon kades terpilih dilantik.