Bupati Minta Bantuan Anggota Paskibraka Tanggulangi Kenakalan Remaja

id Bupati Kotim, Supian Hadi, Anggota Paskibraka

Bupati Minta Bantuan Anggota Paskibraka Tanggulangi Kenakalan Remaja

Bupati Kotim H Supian Hadi memberi ucapan selamat usai mengukuhkan anggota Paskibraka Kotim, Rabu (16/8/2017) malam. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi meminta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) membantu pemerintah menanggulangi kenakalan remaja.

"Saya meminta anggota Paskibraka menjadi pelopor di masyarakat. Lakukan hal-hal positif. Jadilah pelopor pemberantasan narkoba, minuman keras dan kenakalan remaja," harap Supian di Sampit, Rabu malam.

Harapan besar itu disampaikan Supian saat mengukuhkan 71 anggota Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Timur di Gedung Serbaguna Sampit. Acara ini dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan orangtua para anggota Paskibraka.

Menurut Supian, anggota Paskibraka merupakan pelajar-pelajar pilihan dan terbaik. Mereka dipercaya mewakili sekolah dan melalui seleksi panjang hingga terpilih menjadi anggota Paskibraka.

Selama menjalani karantina dan pelatihan, anggota Paskibraka diberi berbagai pembinaan terkait kepribadian, mental, wawasan kebangsaan, pencegahan bencana, bahaya narkoba dan lainnya. Yang terpenting, anggota Paskibraka dilatih untuk disiplin dan bertanggung jawab.

Berbagai bekal positif itu harus terus dijalankan dan diamalkan meski sudah selesai menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera merah putih saat perayaan Kemerdekaan pada 17 Agustus. Anggota Paskibraka mempunyai tanggung jawab moral untuk memberi teladan yang baik bagi masyarakat.

"Menjadi anggota Paskibraka dan menjalankan tugas mengibarkan bendera, menjadi babak baru dan momen penting. Pertahankan disiplin, tanggung jawab dan semua hal positif. Beri contoh yang baik di masyarakat," kata Supian.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Supian anggota Paskibraka akan menjadi orang sukses. Mereka bisa diandalkan menjadi generasi berkualitas penerus bangsa.

Secara khusus Supian meminta Dinas Pemuda dan Olahraga tetap memantau dan membina seluruh purnapaskibraka. Mereka bisa terus dilibatkan dalam berbagai hal dan kegiatan positif membantu pemerintah membina masyarakat, khususnya generasi muda.