Peringatan HUT RI di Palangka Raya Dalam Guyuran Hujan

id HUT RI, pemkot palangka raya, HUT RI di palangka Raya

Peringatan HUT RI di Palangka Raya Dalam Guyuran Hujan

Momentum upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah di bawah guyuran hujan yang mulai turun sejak pagi. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika).

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Momentum upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Republik Indonesia yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah di bawah guyuran hujan yang mulai turun sejak pagi.

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia selaku pembina upacara bendera tingkat pemerintah kota yang dilaksanakan di halaman kantor wali kota setempat pada Kamis pagi menyampaikan sejumlah hal yang harus menjadi perhatian bersama.

"Pertama sebagai bangsa yang besar dengan keberagaman maka kita tidak boleh terprovokasi dengan berbagai isu yang dapat memecah belah kesatuan dan persatuan berbangsan dan bernegara," katanya.

Selanjutnya, Riban juga mengajak seluruh peserta upacara dan warganya agar mampu menjadi contoh pelaksanaan toleransi sesuai falsafah "Huma Betang" yang sesuai dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika".

Wali Kota "Kota Cantik" Palangka Raya dua periode ini pun mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat aktif dalam pembangunan sehingga mampu meneruskan semangat dan cita-cita para pahlawan dan pendiri bangsa.

"Jangan sampai momentum ini hanya sekedar acara seremonial belaka. Mari tingkatkan persatuan dan kesatuan serta mengamalkan Pancasila dalam setiap sendi kehidupan," katanya.

Dia pun mengapresiasi seluruh peserta yang mana meski selama pelaksanaan upacara berlangsung Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah ini diguyur hujan, tetapi peserta dan petugas tetap dapat melaksanakan upacara sampai usai.

Pantauan di lapangan selama pelaksanaan upacara pengibaran bendera yang berlangsung sekira satu jam ini hujan terus mengguyur.

Tak hanya dari unsur pemerintah kota, tetapi TNI dan Polri serta sejumlah siswa tingkat SD dan SMP yang bersiap di lapangan terlibat tetap tegar meski sejak sebelum pelaksanaan upacara dimulai hujan telah membuat seragam peserta dan petugas upacara basah kuyup.

Namun tampak juga sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) peserta upacara menggunakan payung untuk menghindari guyuran hujan yang turun.

Sejumlah tamu undangan juga nampak duduk dan menyaksikan pelaksanaan upacara dari tempat yang telah disiapkan.

Sementara itu, pada upacara pengibaran bendera yang dimulai sekira pukul 07.20-08.31 WIB tersebut, pembawa baki bernama Skandi Navia siswi SMAN 2 Palangka Raya.

Sementara untuk pembentang bernama Muamar, yang ditengah Satria dan penarik atau pengerek bendera bernama Okta yang mana mereka berasal dari MAN Model dan SMA 2 Muhammadiyah Palangka Raya.