Pelindo III Upacara HUT RI di Sampit, BUMN Bertekad Tingkatkan Peran Bangun Negeri

id pelindo II, HUT RI, BUMN membangun Negeri

Pelindo III Upacara HUT RI di Sampit, BUMN Bertekad Tingkatkan Peran Bangun Negeri

Direktur Utama Pelindo III, IGN Askhara Danadiputra. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bertekad untuk meningkatkan kontribusi untuk membangun negeri melalui unit usaha masing-masing di seluruh daerah.

"Dibanding lima tahun lalu, saat ini BUMN jauh berubah. Kontribusi membangun bukan hanya slogan, tapi membangun secara nyata hingga di daerah-daerah. Salah satu contohnya adalah mewujudkan BBM (bahan bakar minyak) satu harga. Ini perwujudan BUMN hadir untuk negeri," kata Direktur Utama Pelindo III, IGN Askhara Danadiputra di Sampit, Kamis.

Kamis pagi, BUMN di Kalimantan Tengah, mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur. Ada 19 badan usaha milik negara yang mengirimkan karyawannya mengikuti upacara tersebut, bersama peserta lainnya seperti TNI, Polri, KSOP Sampit, Kantor Kesehatan Pelabuhan Sampit dan lainnya.

Hadir pula Asisten Deputi Kementerian BUMN, Bandung Pardede, Direktur Utama Kimia Farma Honesti Basyir dan Direktur Balai Pustaka Saiful Bahri. Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III, IGN Askhara Danadiputra dipercaya sebagai inspektur upacara.

Upacara ini digelar serentak di 34 provinsi dengan peserta dari seluruh BUMN. Pelabuhan Sampit dipilih menjadi tempat pelaksanaan upacara karena di Kotawaringin Timur banyak terdapat BUMN.

Askhara Danadiputra mengatakan, peringatan Hari Kemerdekaan ini menjadin momen penting bagi seluruh rakyat untuk mengenang perjuangan para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan. Bagi BUMN, peringatan Hari Kemerdekaan ini dimaknai sebagai momen kemerdekaan untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

"Ini momen bagi kita untuk berubah dan meningkatkan kinerja. Berubah lebih aktif lagi, tidak menunggu disuruh, baru berubah. Kita harus terus meningkatkan kinerja untuk memberi sumbangsih lebih besar lagi untuk masyarakat dan bangsa," kata Askhara Danadiputra.

BUMN bertekad terus mendukung kedaulatan maritim, kedaulatan pangan dan target lainnya yang ditetapkan pemerintah. BUMN berusaha berkontribusi mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Acara juga diisi penyerahan secara simbolis bantuan bedah rumah veteran, toilet, elektrifikasi listrik dan sembako gratis. Acara berlangsung lancar dalam suasana mendung yang menaungi kota Sampit.