Kebakaran Hanguskan Bangunan MAN Sampit

id sekolah terbakar, MAN sampit, kebakaran MAN sampit

Kebakaran Hanguskan Bangunan MAN Sampit

Api membubung tinggi membakar bangunan MAN Sampit, Sabtu (19/8/2017) sekitar pukul 23.30 WIB. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antara Kalteng) - Kebakaran menghanguskan sebagian besar bangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, pada Sabtu (19/8) sekitar pukul 23.30 WIB.

"Kami baru mengetahui kebakaran ini setelah api membubung tinggi di bangunan bagian depan. Api dengan cepat menjalar," kata Budi, salah satu warga Sampit, Minggu.

Warga mengetahui sekolah yang terletak di Jalan HM Arsyad itu terbakar hebat ketika api sudah membesar sehingga tidak banyak yang bisa dilakukan. Beberapa mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran harus berjuang keras mengalahkan api yang dengan cepat menjalar karena bangunan atap banyak menggunakan kayu sehingga mudah terbakar. Untungnya sekolah ini terletak di pinggir jalan sehingga cukup memudahkan mobil memadam mencapai lokasi.

Banyaknya warga yang menyaksikan kebakaran itu membuat jalanan macet. Setelah hampir satu jam petugas pemadam berjuang, kebakaran akhirnya bisa dipadamkan.

Bupati H Supian Hadi dan Kapolres AKBP Muchtar Supiandi Siregar datang ke lokasi kebakaran. Mereka memantau kondisi kebakaran tersebut dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

"Pagi ini kami akan rapatkan masalah ini. Proses belajar dan mengajar tidak boleh sampai terganggu, harus dicarikan solusinya segera," kata Supian.

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran ini. Masyarakat diminta tidak membuat kesimpulan sendiri, apalagi menyebarkan isu yang dapat meresahkan masyarakat dengan mengaitkan kejadian ini dengan teror pembakaran sejumlah sekolah seperti yang terjadi belum lama ini di Kota Palangka Raya.