Wabup Bertekad Jadikan Sukamara Sentra Ternak Sapi

id Wakil Bupati Sukamara, Windu Subagio, Ternak Sapi

Wabup Bertekad Jadikan Sukamara Sentra Ternak Sapi

Wabup Sukamara Windu Subagio kunjungi Kantor LKBN Antara biro Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Selasa (22/8/2017). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

...saya ingin ternak sapi ini dikelola dengan benar dan profesional,"
Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio bertekad menjadikan kabupaten berjuluk 'Bumi Gawi Barinjam' itu sebagai sentra industri ternak sekaligus penyuplai daging sapi potong hingga ke tingkat nasional.

Tekad ini muncul setelah melihat potensi lahan yang sangat luas sekaligus kemauan masyarakat di Kabupaten Sukamara dalam mengembangbiakkan sapi, kata Wabup Windu saat berkunjung ke Kantor Biro Antara Kalteng di Palangka Raya, Selasa.

"Sekarang populasi sapi di sepanjang pantai Sungai Pasir hingga Sungai Raja Kabupaten Sukamara jumlahnya mencapai ribuan. Sapinya di lepas begitu saja di pantai itu. Ke depan, saya ingin ternak sapi ini dikelola dengan benar dan profesional," tambahnya.

Langkah untuk mewujudkan sentra industri ternak sapi di Kabupaten Sukamara itu, menurut Windu yang berlatarbelakang pengusaha ini adalah melanjutkan program yang sudah dan telah berjalan sembari memperkuat penyuluh sekaligus pendamping peternak sapi.

Dia mengatakan pelatihan bagi peternak sapi semakin rutin dilaksanakan agar mampu secara profesional beternak sapi, sekaligus mampu membuat produk daging sapi kemasan untuk dipasarkan di Provinsi Kalimantan Tengah bahkan di seluruh Indonesia.

"Kami juga akan mengundang investor yang tertarik beternak sekaligus mengembangkan daging sapi kemasan. Jadi, sentra industri ternak sapi tersebut paling utama melibatkan masyarakat dan didukung investor," kata Windu.

Ayah empat anak ini mengakui tantangan mewujudkan sentra industri sapi di Kabupaten Sukamara adalah memotivasi masyarakat, khususnya peternak sapi agar berpikir layaknya pengusaha sukses dan besar yang ditunjukkan dari samanya perkataan dan tingkah laku.

"Ini yang terus kami upayakan agar gerakan yang sama antara pemerintah dan masyarakat. Jika ini bisa direalisasikan, saya yakin sentra industri ternak sapi ini tidak hanya membuat masyarakat sejahtera, tapi menjadi pengusaha sukses. Ini tekat yang akan terus saya upayakan terealisasi," demikian Windu.