TP4D Untuk Kawal dan Amankan Dana Desa, Kata Kajari Seruyan

id kejari seruyan, dana desa, TP4D

TP4D Untuk Kawal dan Amankan Dana Desa, Kata Kajari Seruyan

Ilustrasi - Dana Desa yang dikucurkan dari APBN. (cifdes.web.id)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Kejaksaan Negeri Seruyan, Kalimantan Tengah, melakukan sosialisasi tentang dana desa serta Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D).

Sosialisasi tentang dana desa dan TP4D yang berlangsung di Kuala Pembuang, Kamis, diikuti oleh camat dan kepala desa se-Kabupaten Seruyan.

Kepala Kejari Seruyan Djasmaniar menyatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan serentak kepada 74.954 kepala desa di seluruh Indonesia sesuai dengan perintah Jaksa Agung Muda Intelijen.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan kepala desa menjadi paham mengenai peran serta fungsi TP4D dalam mengawal dan mengamankan dana desa (DD) serta alokasi dana desa (ADD)," katanya.

Ia menjelaskan, TP4 Pusat atau TP4 Daerah lahir sebagai respon positif atas kegamangan pemerintah dalam menggunakan anggaran yang ada karena takut tersandung kasus korupsi atau kriminalisasi sehingga penyerapan anggaran menjadi rendah.

"Untuk mengatasi hal tersebut dan mendorong pelaksanaan pembangunan di daerah maka diperlukan pendampingan sejak dini terhadap pejabat pemerintah terkait pengelolaan anggaran dan pelaksanaan program pembangunan, khususnya DD dan ADD," katanya.

Menurutnya, pemberantasan korupsi dan penegakan hukum harus diletakkan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menjaga kelancaran program-program pembangunan.

"Sehingga perlu adanya pengawalan dan pengamanan, baik dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan maupun pemanfaatan hasil pembangunan, termasuk dalam upaya mencegah timbulnya penyimpangan dan kerugian negara," katanya.

Ia menambahkan, keberadaan TP4D Kejari Seruyan diharapkan dapat memberi kontribusi positif dalam pelaksanaan pembangunan di "Bumi Gawi Hatantiring", khususnya dalam pembangunan desa sesuai dengan Nawacita ke-3, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat desa-desa.

"Hal tersebut bisa terlaksana jika terdapat pemahaman yang sama dan komunikasi yang baik antara pemerintah daerah termasuk pemerintah desa dengan TP4D," katanya.