Pemkab Barito Utara Sosialisasi Kalibrasi Alat Ukur

id Pemkab Barito Utara, Hajrannor, Kalibrasi Alat Ukur

Pemkab Barito Utara Sosialisasi Kalibrasi Alat Ukur

Para peserta saat mengikuti sosialisasi kemampuan/kompetensi dibidang pengujian dan kalibrasi Unit Pembantu Teknis Daerah Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (UPTD-BPSMB) Palangka Raya di Hotel Walet Muara Teweh, Kamis. (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara bekerja sama dengan pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan sosialisasi kemampuan dibidang pengujian dan kalibrasi alat ukur.

Sosialisasi dilaksanakan di Unit Pembantu Teknis Daerah Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Palangka Raya bertujuan meningkatkan jaminan mutu, efisiensi produksi, daya saing nasional, persaingan usaha yang sehat dan transparansi dalam perdagangan, kepastian usaha dan kemampuan inovasi teknologi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Barito Utara, Hajrannor di Muara Teweh, Jumat menyebutkan sosialisasi juga sesuai surat gubernur Kalteng perihal himbauan penggunaan jasa UPT-BPSMB Provinsi Kalteng.

Sebagai lembaga penilai kesesuaian yang ada di Kalimantan Tengah, BPSMB Disperin Kalteng yang sudah terakreditasi oleh lembaga akreditasi nasional yaitu Komite Akreditasi Nasional (KAN).

"Saya sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari peserta sosialisasi agar dapat memanfaatkan laboratorium yang ada sarana dan prasarana serta fasilitas lainnya baik untuk pengujian dan kalibrasi di UPT-BPSMB Palangka Raya dalam rangka peningkatan pelayanan kepada dunia usaha dan masyarakat pada umumnya," katanya.

Menurut Hajrannor, dengan memanfaatkan jasa UPT-BPSMB dalam pengujian dan kalibrasi merupakan salah satu upaya untuk turut serta meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD).

"Oleh sebab itu, melalui kegiatan ini saya mengharapkan para peserta dapat menimba ilmu sekaligus wawasan, bertukar pengalaman dan informasi mengenai pelayanan pengujian dan kalibrasi ini," kata Hajrannor.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng Katma F Dirun dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala BPSMB Tomas Sembiring mengatakan, sosialisasi ini sebagai tindak lanjut dari himbauan Gubernur Kalteng kepada para perusahaan baik yang bergerak dibidang pertambangan, perkebunan kelapa sawit, karet serta instansi pemerintah yang mempunyai laboratorium.

"Imbauan Bapak Gubernur tersebut bertujuan agar semua pemilik laboratorium baik pemerintah maupun swasta agar melakukan kalibrasi alat-alat ukurannya ke UPTD BPSMB Disdagperin yang telah terakreditasi oleh lembaga KAN," ujarnya.