Wali Kota Pantau Kesiapan KPU Hadapi Pilkada Serentak

id wali kota palangka raya, pilkada palangka raya, kpu palangka raya

Wali Kota Pantau Kesiapan KPU Hadapi Pilkada Serentak

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia (Kiri) bersama Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riyadi (kanan) saat di kantor KPU Kota setempat, Senin (28/8). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Dr HM Riban Satia memantau kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat guna memastikan kesiapan dalam melaksanakan Pilkada serentak 2018.

"Secara teknis kami memohon agar KPU mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar pemilu nanti dapat terlaksanakan dengan baik," katanya saat berada di Kantor KPU Kota Palangka Raya, Senin.

Selain itu, kunjungan Riban di kantor yang terletak di Jalan Tangkasiang itu juga untuk memastikan KPU Kota memiliki sarana dan prasarana yang memadai untuk pelaksanaan Pilkada.

"Sebenarnya kekurangan ini telah disampaikan pihak KPU. Saat ini yang menjadi perhatian kami ialah penyediaan gudang logistik dan pembenahan akses jalan ke kantor KPU," katanya.

Pria nomor satu di "Kota Cantik" yang didampingi pejabat Dinas Binamarga dan Dinas Perumahan Rakyat ini meminta dua instansi tersebut segera melakukan perhitungan nilai perbaikan bangunan dan jalan.

"Saya minta Dinas Perumahan Rakyat segera melakukan perhitungan rehap bangunan, untuk Dinas Binamarga segera lakukan perhitungan nilai perbaikan jalan menuju kantor ini. Jangan sampai lambat. Sepekan harus sudah selesai," kata Riban.

Namun demikian, lanjut dia, pihaknya menargetkan pembangunan tersebut dapat diselesaikan pada triwulan pertama tahun anggaran 2018.

"KUAPPAS sudah ditetapkan maka kita targetkan pembangunan selesai pada triwulan pertama 2018. Untuk lelang bisa kita laksanakan tahun ini tapi untuk proyek tetap awal tahun," katanya.

Bangunan yang akan dijadikan gudang logistik tersebut merupakan bangunan kosong bekas kantor sub dinas pendidikan yang selama beberapa tahun terakhir tak digunakan.

Bangunan yang terletak sekira 50 meter di sisi kanan Kantor KPU Palangka Raya ini dinilai strategi dan representatif untuk gudang logistik.

"Letaknya masih dalam satu kawasan dengan Kantor KPU dan ukurannya yang luas menjadikan gedung ini representartif untuk gudang logistik. Selain untuk mempermudah akses, kondisi ini juga untuk memermudah pengawasan dan pengamanan gudang," kata Ketua KPU Kota Palangka Raya, Eko Riyadi saat mendampingi wali kota.

Dia pun berharap perbaikan gudang dan jalan menuju kantor KPU tersebut dapat segera dilaksanakan oleh pemerintah.

"Kami harap, meski belum selesai sepenuhnya, untuk bangunan gudang agar pada September mendatang KPU bisa memanfaatkannya untuk menyimpan logistik pemilu. Saat ini, untuk gudang kami meminjam salah satu gedung milik Disbudpar," katannya.