Pemkab Seruyan - Kejaksaan Sosialisasi Peran TP4D

id Bupati Seruyan, Sudarsono, TP4D

Pemkab Seruyan - Kejaksaan Sosialisasi Peran TP4D

Bupati Seruyan, Sudarsono. (Foto: IG protokol_komunikasi_seruyan)

Kuala Pembuang (Antara Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah bersama dengan Kejaksaan Negeri Seruyan, Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi peran Tim Pengawal dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) diikuti kepala SOPD.

"Sosialisasi digelar karena banyak yang satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) belum paham mengenai peran TP4D," kata Bupati Seruyan Sudarsono saat membuka kegiatan sosialisasi di Kuala Pembuang, Senin.

Ia mengatakan, TP4D memiliki peran penting dalam mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan sehingga proses pembangunan dan penyerapan anggaran di Seruyan dapat diwujudkan dengan cepat, aman, tertib, bersih, efisien serta berkelanjutan.

"Dengan adanya dukungan dari TP4D maka semua program diharapkan berjalan tepat sasaran," katanya.

Ia menambahkan, TP4D Kejari Seruyan juga perlu memberikan pendampingan hukum kepada SOPD dalam setiap tahapan program pembangunan mulai dari perencanaan hingga pertanggungjawaban untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menimbulkan kerugian negara.

"Pendampingan dari TP4D ini juga penting untuk menghilangkan kekhawatiran, ketakutan dan keragu-raguan dari aparatur sipil negara, karena itu saya harap seluruh SOPD dapat berdampingan dengan unsur kejaksaan dalam proses pelaksanaan dan pengawasan agar terhindar dari penyimpangan," katanya.

Sementara, Kepala Kejari Seruyan Djasmaniar menyebutkan, pemanfaatan TP4D di lingkungan Pemkab Seruyan masih sangat minim. Hal itu salah satunya disebabkan karena banyak SOPD yang belum memahami peran dan fungsi TP4D.

Sesuai dengan prosedur, pendampingan oleh TP4D dapat dilakukan setelah adanya permintaan dari SPOD terkait. TP4D ini dapat dilibatkan oleh SOPD mulai perencanaan, penganggaran, pelelangan, monitoring pelaksanaan hingga pertanggungjawaban.

"Jadi kalau ada indikasi-indikasi penyimpangan di dalam pengerjaannya bisa dicegah bersama-sama," katanya.

Kemudian, keberadaan TP4D sangat efektif guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, sehingga pembangunan di Seruyan ke depannya akan lebih bagus karena anggaran pemerintah baik dari pusat, provinsi, maupun APBD bisa terserap dengan baik.

"Kita berharap SOPD dapat memanfaatkan TP4D, dan dengan dilibatkannya TP4D maka program pemerintah berjalan sesuai koridor hukum, tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat," katanya.