Ingat! Ini Alasannya Jangan Bawa Smartphone ke Toilet

id kesehatan, smartphone, toilet

Ingat! Ini Alasannya Jangan Bawa Smartphone ke Toilet

Ilustrasi. (washjeff.edu)

Jakarta (Antara Kalteng) - Anda yang mempunyai kebiasaan membawa smartphone atau gawai saat melakukan "ritual" dalam toilet sebaiknya menghentikan kebiasaan ini. 

1. Membuat cuci tangan sia-sia

Saat Anda membawa smartphone ke dalam toilet, sama artinya Anda mengeksposnya pada berbagai kuman dan salmonella seperti bakteri. Ahli kesehatan mengatakan, kalangan milenial bahkan membawa tablet mereka ke dalam kamar mandi. 

Saat Anda sesekali membersihkan bokong dengan tangan kemudian menggenggam gawai ini bahkan menjadikan cuci tangan yang Anda lakukan tak berarti. Pada saat itu kuman dan bakteri telah menempel ke gawai Anda. 

2. Kontaminasi bakteri lebih banyak di toilet umum

Kadar kontaminasi bakteri dan kuman lebih banyak di dalam toilet umum. Ingat, tak hanya Anda yang mengakses toilet umum. Toilet di dalam kantor, restoran atau hotel juga berisiko terkontaminasi banyak bakteri. 

3. Gawai tempat bakteri berkembangbiak

Peluang pembiakan bakteri lebih tinggi pada smartphone karena alat ini sering memanas, dengan demikian, memberikan lingkungan yang hangat bagi bakteri untuk bertahan dan tumbuh. 

Anda mungkin menggenggam smartphone di tangan yang sama setelah Anda mengenggam makanan. Dalam prosesnya, Anda mungkin menyediakan bakteri dengan minyak yang menempel di tangan setelah makan dan menempel di smartphone.  Demikian seperti dilansir laman Times of India. 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa